Kompas.com - 23/05/2013, 16:37 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengevaluasi keberadaan rumah dinas camat dan lurah.

Rumah dinas itu sebagian jarang ditempati pejabat yang bersangkutan sehingga muncul rencana untuk menghapus rumah dinas itu dan memakainya untuk ruang terbuka hijau.

"Karena sebagian jarang ditempati, kami sedang mengkaji sebenarnya rumah dinas itu bermanfaat apa tidak. Jika jarang ditempati sayang sekali," kata Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Sylviana Murni, Kamis (23/5/2013), di Jakarta.

Sejauh ini muncul beberapa rencana terkait evaluasi rumah dinas camat dan lurah. Salah satunya adalah mengubahnya menjadi ruang terbuka hijau yang selama ini kurang di DKI Jakarta.

Rencana lain yang mengemuka adalah mengubah rumah dinas itu menjadi rumah susun sewa dan tempat berdagang pedagang kaki lima.

"Kami sedang mencari solusi terbaik, misal bagaimana menghadapi persoalan lurah atau camat yang belum memiliki rumah," kata Sylviana.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mendorong agar rumah dinas yang tidak layak segera dialihfungsikan. Sebagian camat dan lurah saat ini bisa bekerja tanpa harus tinggal di rumah dinas.

"Semua rumah dinas camat dan lurah dicabut saja. Jadikan taman buat PKL saja. Buat apa semua camat dan lurah ada rumah dinasnya," kata Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.