Kompas.com - 28/05/2013, 10:51 WIB
|
EditorErvan Hardoko

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah dinas camat Senen yang dianggap sudah tidak layak huni akan dirubuhkan dan lahannya digunakan sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

"Kalau di Jakarta pusat ada delapan kecamatan. Tapi cuma satu rumah dinas yang sudah tidak layak dan tidak dipakai," kata Saefullah, Wali Kota Jakarta Pusat saat dihubungi wartawan, Selasa (28/5/2013).

Saefullah mengungkapkan, rumah dinas di daerah Menteng tidak ikut dijadikan sebagai ruang terbuka hijau karena baru selesai direnovasi pada akhir tahun lalu.

Sedangkan untuk rumah susun lurah berjumlah 34 rumah. Sampai saat ini masih dievaluasi rumah dinas kelurahan mana yang cocok untuk digunakan sebagai RTH.

Menurut Saefullah, rumah dinas yang berada di pemukiman padat penduduk memang lebih cocok untuk dijadikan sebagai ruang terbuka hijau.

Namun, sampai saat ini Pemprov DKI masih melakukan pendataan semua rumah dinas camat dan lurah.

Saefullah menambahkan, anggaran perbaikan untuk rumah dinas camat Senen sebesar Rp 2 miliar yang tidak pernah digunakan sejak tahun 1990-an saat rumah tersebut dibeli.

Sehingga, dalam waktu dekat lelang untuk proyek pembangunan ruang terbuka hijau di lokasi bekas rumah dinas Camat Senen dapat segera dilakukan.

Sebelumnya, pemerintah provinsi DKI Jakarta akan membongkar sejumlah rumah dinas camat dan lurah di wilayah DKI Jakarta yang dianggap tidak layak huni lagi.

Rumah dinas tersebut nantinya akan dibuat untuk taman pedagang kaki lima atau ruang terbuka hijau supaya tercermin Jakarta yang sehat dan ramah lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.