Kompas.com - 29/05/2013, 18:53 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Forum Ulama Jakarta Baru Ibrahim Lutfi mengatakan, program Kartu Jakarta Sehat atau KJS sangat dibutuhkan oleh warga. Hal itu terlihat dari membeludaknya pasien semenjak digulirkannya KJS.

Ibrahim mengatakan, KJS masih lebih baik dari program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Kartu Keluarga Miskin (Gakin) pada periode sebelumnya. "Itu terbukti dengan membeludaknya pasien tadi. Jamkesda dan Gakin itu sistemnya ruwet, masyarakat tidak ada yang mengakses," kata Ibrahim seusai bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balaikota Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Namun, Ibrahim mengatakan, program KJS perlu perbaikan, khususnya setelah menggunakan sistem tarif Indonesia Cash Base Groups (INA CBG'S). Sistem ini memetakan klaim pembayaran layanan kesehatan pasien berdasarkan standar layanan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Sistem itu berbeda dari sistem pembayaran melalui program KJS, yang diklaim berdasarkan layanan yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien.

"Sistem ini (INA CBG's) memang perlu penyederhanakan agar masyarakat dapat layanan kesehatan secara mudah," kata Ibrahim.

Ibrahim juga mengapresiasi rumah sakit yang sebelumnya menyatakan keberatan atas sistem tarif INA CBG's, tetapi kini kembali melayani pasien KJS. Menurut Ibrahim, sudah seharusnya semua rumah sakit mempunyai tanggung jawab terhadap kemanusiaan sehingga tidak mengukur pelayanan kepada pasien berdasarkan untung-rugi bisnis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.