Kompas.com - 30/05/2013, 16:21 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai didemo sekitar 500 orang penolak program Kartu Jakarta Sehat, Balaikota DKI Jakarta, kembali kedatangan 200 orang. Mereka mengaku sebagai pendukung program KJS.

Terlihat ada perbedaan perlakuan antara massa pendukung dan penolak KJS. Jika penolak KJS hanya melakukan aksi di depan gerbang Balaikota, masa pendukung diperbolehkan masuk hingga di selasar Balaikota.

Pantauan Kompas.com, Kamis (30/5/2013), para pendukung KJS itu hanya duduk di selasar dan membentangkan spanduk berisi dukungan pada  program Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Joni Sujarman, koordinator massa pendukung KJS mengatakan, mereka berasal dari empat kelurahan di DKI. Dua hari sebelum berunjuk rasa di Balaikota, mereka mengumpulkan tanda tangan dari warga yang mendukung program-program Joko Widodo.

"Semua program kita dukung, terutama KJS. Saya orang awam hanya melihat bahwa warga negara harus mendapat pelayanan kesehatan yang baik, ini ada di KJS," ujar Jono kepada Kompas.com di selasar Balaikota di sela-sela aksi.

Joni mengatakan, pihaknya menyayangkan jika ada pihak-pihak di pemerintahan, khususnya anggota DPRD DKI yang menggulirkan interpelasi atas program KJS. Seharusnya, DPRD sebagai wakil rakyat ikut membantu penyelenggaraan KJS, bukan memperumitnya melalui interpelasi.

Joni mengatakan, pihaknya melihat adanya kepentingan khusus di balik interpelasi DPRD terhadap gubernur. Bahkan, pihaknya menduga mereka yang menggulirkan interpelasi di DPRD adalah pihak-pihak yang kalah dalam Pilkada 2012 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita memang melihat ada kepentingan di DPRD. Mungkin mereka masih enggak bisa legowo Jokowi menang, jadi programnya dihambat," ujarnya.

Hingga pukul 15.50 WIB, aksi dukungan tersebut masih berlangsung. Para pendukung Jokowi itu berencana menunggu Jokowi selesai bekerja untuk bertemu dan menyampaikan dukungannya. Tak tampak penjagaan ketat dari aparat kepolisian.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.