Kompas.com - 04/06/2013, 15:58 WIB
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat lumpuh karena aksi mogok 588 perusahaan angkutan khusus, kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, kembali berjalan normal. Namun, menurut Asisten Manager Pelayanan Pelanggan & Humas PT Pelabuhan Indonesia II Tanjungpriok, Sofyan Gumelar, pihaknya belum bernegosiasi dengan pihak perusahaan angkutan khusus Pelabuhan Tanjung Priok.

"Hari ini sudah normal kembali, tidak ada aksi stop operasi, proses bongkar muat kembali berjalan, truk dan trailer juga sudah mulai masuk dan keluar mengantar barang," kata Asisten Manager Pelayanan Pelanggan & Humas PT Pelabuhan Indonesia II Tanjungpriok, Sofyan Gumelar, Selasa (4/6/2013).

"Kami memang belum mengadakan pertemuan dengan pihak asosiasi, saat ini sementara terus berjalan seperti biasa, untuk kedepannya masih kami bicarakan," lanjutnya.

Sebanyak 588 perusahaan khusus Pelabuhan Tanjung Priok melakukan aksi mogok operasi pada Senin (3/6/2013). Hal itu merupakan reaksi terhadap tindakan PT Pelindo mendirikan anak perusahaan yang bergerak di bidang angkutan, sama dengan bidang usaha 588 perusahaan itu.

Menurut Ketua Angkutan Khusus Pelabuhan Organda DKI Jakarta, Gemilang Tarigan, Pelindo sudah mendirikan 21 anak perusahaan dan itu mengancam kelangsung 588 perusahaan itu, yang memiliki 18.000 unit angkutan dan 54.000 pekerja.

Aksi mogok 588 perusahaan angkutan khusus itu didukung oleh Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Indonesian Ship Owner Associatioan, dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin).

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.