Kompas.com - 05/06/2013, 06:33 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

BOGOR, KOMPAS.com — Unjuk rasa awak bus di sekitar Terminal Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat, dilaporkan telah membuat lalu lintas pagi di kawasan tersebut tersendat. Kemacetan parah terjadi sampai ke pintu Tol Bogor. Hari ini, Rabu (5/6/2013), aktivitas terminal tersebut dipindahkan ke Terminal Bubulak dan Terminal Wangun, Ciawi, terkait proyek optimalisasi Terminal Baranangsiang.

"Pengosongan terminal dimulai pukul 00.00 WIB," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal, Empar Suparta, yang ditemui di kantor Terminal Baranangsiang, Selasa (4/6/2013), seperti dikutip dari Antara. Sosialisasi pengosongan terminal, ujar dia, telah dilakukan kepada para sopir, penumpang, perusahaan otobus, dan pedagang di terminal itu.

Sosialisasi dilakukan dengan menggunakan alat pengeras suara yang diulang-ulang. Selain itu, dua spanduk besar berisi pengumuman tentang pengosongan terminal juga dipasang di pintu masuk dan pintu keluar terminal.

Bersama anggota Polres Bogor Kota, petugas DLLAJ telah memasang pula stiker di kaca depan bus yang bertuliskan informasi keberangkatan bus di Terminal Bubulak di Kecamatan Bogor Barat dan Terminal Wangun di Kecamatan Bogor Timur. Pengosongan dan pengalihan layanan terminal ini dilakukan selama proses pembangunan terkait optimalisasi Terminal Baranangsiang.

Asisten Tata Praja Pemerintah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat menjelaskan, optimalisasi terminal dilakukan karena kondisinya yang sudah kumuh dan semrawut. "Bangunan di terminal relatif sudah tua sejak dibangun pada 1970-an. Banyak bangunan tidak berfungsi secara optimal dan tidak mendukung perkembangan Kota Bogor yang saat ini kunjungan wisatawannya mengalami peningkatan," kata Ade.

Sementara itu, sejumlah pedagang dan juga penumpang bus di Terminal Baranangsiang mengatakan masih bingung dengan rencana pengosongan terminal. "Pembagiannya gimana, untuk bus tujuan Jakarta dipindahkan ke Bubulak apa Wangun yah," kata Andi Ardiansyah salah satu pengguna bus.

Dari akun Twitter Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, kemacetan dilaporkan terjadi di sekitar terminal karena aksi unjuk rasa para awak bus. Pemilik akun Twitter pun berbagi informasi mengenai kemacetan parah yang terjadi di kawasan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu akun yang terus memasok informasi situasi terakhir di kawasan tersebut ialah @LM yang mengabarkan kemacetan terjadi dari Tugu Kujang hingga pintu Tol Bogor. Bahkan, kini pintu tol telah diblokade.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X