Kompas.com - 05/06/2013, 15:11 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Marga Mandalasakti (MMS) mengumumkan adanya keretakan sepanjang sekitar 50 meter di ruas jalan tol Tangerang-Merak Km 38 arah Jakarta sejak Selasa (4/6/2013) pukul 17.00 WIB. Kerusakan itu diduga akibat labilnya kontur tanah sekitar lokasi serta rembesan air Sungai Cimanceuri, Kecamatan Balaraja, Tangerang, Banten.

"Selain itu, kemungkinan retak juga dapat disebabkan oleh beban kendaraan angkutan yang kerap melebihi kapasitas," kata Kadiv Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti (MMS) Indah Permanasari saat dihubungi di Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Menurut Indah, sejak Selasa pukul 18.30, petugas PT MMS tengah melakukan penanganan lalu lintas dengan cara mengalihkan kendaraan besar untuk keluar di Km 39 (Balaraja Barat), lalu masuk kembali di Km 36 (BalarajaTimur). Adapun kendaraan kecil masih tetap melewati lajur kedua, tetapi sedikit mengalami antrean.

"Dampak dari peristiwa ini menimbulkan kemacetan sepanjang 3 km," katanya.

Untuk mengurangi kemacetan, petugas jalan tol memberikan informasi berupa imbauan kepada para pengguna jalan melalui variable message sign (VMS) agar bus dan truk keluar di gerbang tol terdekat, lalu masuk kembali di Gerbang Tol BalarajaTimur.

Perbaikan atas keretakan jalan itu diperkirakan memerlukan waktu 2-3 minggu. Oleh karena itu, upaya pengalihan arus kendaraan akan tetap dilakukan. Petugas tol akan terus memberi informasi mengenai kondisi jalan dan lalu lintas kepada pengguna jalan dan masyarakat melalui media massa.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul karena kejadian ini. Kami akan berupaya untuk menyelesaikan perbaikan secepatnya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, hingga Rabu siang, kondisi jalan rusak itu belum berubah. "Lajur 1 tetap tertutup dan hanya dipakai lajur 2," katanya. Ruas tol ini setiap hari digunakan oleh sekitar 113.000 kendaraan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.