Kompas.com - 07/06/2013, 17:10 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan personel kepolisian dari jajaran Polda Metro Jaya akan memberi pengamanan jelang pertandingan sepak bola uji coba antara tim nasional Indonesia yang akan menjamu tim Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

"Ada 2.202 personel Polda Metro Jaya dan 322 personel Polres Jakarta Pusat dengan total 2.524 personel gabungan," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (7/6/2013).

Menurutnya, pola pengamanan jelang pertandingan uji coba itu akan dibagi menjadi beberapa ring dengan penempatan personel di sejumlah titik Stadion Gelora Bung Karno. "Ring 1 di Stadion Gelora Bung Karno, ring 2 di pintu luar masuk tribun bawah, atau di tempat pemeriksaan karcis, ring 3 pintu dalam ringroad, dan ring 4 di kawasan luar Senayan," ujar Rikwanto.

Selain penjagaan, juga akan dilakukan pemeriksaan atau penggeledahan terhadap barang bawaan penonton. Selain itu, pedagang di sekitar stadion juga tak luput dari pemeriksaan petugas.

Rikwanto menambahkan, sweeping juga akan dilakukan pada titik kumpul para suporter yang datang dan melakukan pengawalan terhadap mereka. "Barang bawaan pengunjung seperti senjata tajam, petasan, dan juga benda berbahaya lainnya akan disita dan diamankan," ujar Rikwanto.

Untuk diketahui, Belanda datang ke Indonesia dengan membawa sejumlah pemain bintangnya, seperti Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Dirk Kuyt. Selain itu, tim berjuluk De Oranje tersebut juga mengikutsertakan beberapa pemain debutan dari tim U-21.

Kunjungan ke Indonesia merupakan bagian dari tur Asia timnas Belanda. Setelah bertanding melawan skuad Garuda, Sneijder dan kawan-kawan akan langsung terbang ke China untuk menantang Negeri Tirai Bambu pada 11 Juni di Stadion Workers, Beijing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.