Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Polisi Amankan Laga Indonesia Vs Belanda

Kompas.com - 07/06/2013, 17:10 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan personel kepolisian dari jajaran Polda Metro Jaya akan memberi pengamanan jelang pertandingan sepak bola uji coba antara tim nasional Indonesia yang akan menjamu tim Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

"Ada 2.202 personel Polda Metro Jaya dan 322 personel Polres Jakarta Pusat dengan total 2.524 personel gabungan," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (7/6/2013).

Menurutnya, pola pengamanan jelang pertandingan uji coba itu akan dibagi menjadi beberapa ring dengan penempatan personel di sejumlah titik Stadion Gelora Bung Karno. "Ring 1 di Stadion Gelora Bung Karno, ring 2 di pintu luar masuk tribun bawah, atau di tempat pemeriksaan karcis, ring 3 pintu dalam ringroad, dan ring 4 di kawasan luar Senayan," ujar Rikwanto.

Selain penjagaan, juga akan dilakukan pemeriksaan atau penggeledahan terhadap barang bawaan penonton. Selain itu, pedagang di sekitar stadion juga tak luput dari pemeriksaan petugas.

Rikwanto menambahkan, sweeping juga akan dilakukan pada titik kumpul para suporter yang datang dan melakukan pengawalan terhadap mereka. "Barang bawaan pengunjung seperti senjata tajam, petasan, dan juga benda berbahaya lainnya akan disita dan diamankan," ujar Rikwanto.

Untuk diketahui, Belanda datang ke Indonesia dengan membawa sejumlah pemain bintangnya, seperti Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Dirk Kuyt. Selain itu, tim berjuluk De Oranje tersebut juga mengikutsertakan beberapa pemain debutan dari tim U-21.

Kunjungan ke Indonesia merupakan bagian dari tur Asia timnas Belanda. Setelah bertanding melawan skuad Garuda, Sneijder dan kawan-kawan akan langsung terbang ke China untuk menantang Negeri Tirai Bambu pada 11 Juni di Stadion Workers, Beijing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com