Kompas.com - 13/06/2013, 13:10 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tengah melakukan seleksi di lingkup internal untuk mencari orang yang tepat mengisi jabatan sebagai Sekretaris Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atau Sekda. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga mengungkapkan, sesuai Peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 5 tahun 2005, syarat ketentuan bagi jabatan Sekda, yakni pernah menjabat sebagai pejabat Eselon II di dua tempat yang berbeda.

"Berdasarkan syarat itu, totalnya ada sekitar 70 orang. Maka itu harus dikerucutkan lagi," ujar Made di kantornya, Kamis (13/6/2013) siang.

Sesuai dengan arahan gubernur, pengerucutan tersebut pun dilakukan dengan tidak hanya memilih pejabat Eselon II di dua tampat yang berbeda. Namun, dari sebanyak 70 pejabat itu dipilih lagi yang senior dan berstatus Eselon 2A atau setingkat kepala dinas atau asisten.

"Dari pengerucutan itu, terdapatlah 17 orang yang lolos kriteria. Lalu diambil lagi sembilan orang yang sesuai dengan kebijakan gubernur," ujarnya.

Sembilan pejabat itu, lanjut Made, kini tengah menjalani seleksi internal di Hotel Sahid, Jakarta Pusat. Rencananya, dari sembilan orang, akan dipilih tiga lagi untuk dikirim ke Kementerian Dalam Negri dan dilakukan uji kepatutan atau fit and proper test di depan Wakil Presiden RI.

"Baru setelah itu diputuskan dan dikirim ke kita melalui Sekertaris Negara. Sebenarnya satu hari saja bisa, tapi kan perlu proses administrasinya ke mana-ke mana. Kita harap cepat," lanjutnya.

Berikut nama-nama calon Sekda yang ikut seleksi:
1. Wiriyatmoko, pernah menjadi Kepala Dinas Tata Ruang DKI dan Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan.
2. Sylviana Murni, pernah menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI, Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI, Wali Kota Jakarta Pusat.
3. Hasan Basri Saleh, pernah menjadi Kepala Biro Perekonomian, pejabat di Bappeda DKI, dan juga menjadi Dosen.
4. Franky Mangatas Panjaitan, pernah menjadi Kepala Dinas Kependuduakn dan Catatan Sipil dan Kepala Biro Umum.
5. Catur Laswanto, pernah menjadi Kepala Biro Humas dan Protokol dan Kepala Pusdiklat.
6. Mochammad Tauchid Tjakraamidjaja, pernah menjadi Kepala Dinas Perhubungan dan Asisten Sekda Bidang Pembangunan.
7. Taufik Yudi Mulyanto, pernah menjadi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Dosen di UNJ.
8. Saefullah, pernah menjadi Wakil Kepala Dinas Pendidikan Dasar, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.
9. Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, pernah menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dan Sekertaris Kota Jakarta Pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.