Kompas.com - 17/06/2013, 15:52 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Intelijen Negara Letjen Marciano Norman mengatakan, aksi unjuk rasa penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Indonesia masih terkendali. Masyarakat diharapkan tidak terprovokasi oleh kelompok yang mengunggangi isu BBM.

"Kita harapkan mereka menyampaikan aspirasi dengan baik. Tentu wakil rakyat di DPR dan pemerintah akan mencari solusi yang terbaik sehingga semua situasinya tetap terkendali," kata Marciano di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (11/6/2013).

Marciano mengatakan, aksi unjuk rasa tidak boleh sampai menganggu aktivitas masyarakat. Pihaknya akan terus melakukan pendekatan kepada semua pihak agar unjuk rasa tetap terkendali.

"Aspirasi mereka pasti didengar. Yang penting situasinya jangan tidak terkendali yang akhirnya merugikan semua pihak," kata Marciano.

Hal sama dikatakan Menteri Koordinator bidang Polhukam Djoko Suyanto. Unjuk rasa diperbolehkan asalkan berjalan tertib dan aman. Aparat keamanan, kata dia, tidak mungkin melakukan upaya kekerasan jika aksi unjuk rasa berjalan tertib.

"Masa iya demo teriak-teriak lalu dipukuli (aparat). Sejauh dilakukan dengan aman, tertib, tidak merusakan, tidak ganggu orang lain, aparat keamanan tidak akan berbuat apa pun," kata Djoko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.