Basuki Minta PMI Siaga di Setiap RT, Bukan kalau Ada Bencana

Kompas.com - 18/06/2013, 12:48 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta agar relawan Palang Merah Indonesia di Provinsi DKI Jakarta siap melayani warga setiap waktu. Bukan hanya ketika terjadi bencana, PMI juga harus siap melayani kapan pun warga memerlukan bantuan.

Hal itu disampaikan oleh Basuki saat melepas keberangkatan kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta dalam rangka Temu Karya Relawan Tingkat Nasional V, Selasa (18/6/2013).

"PMI kan hanya sigap kalau ada bencana dan ada tempatnya. Kita ingin memperluas, jangan saat cuma ada bencana. Setiap hari juga bisa, kan mereka sudah punya modal, punya hati memperhatikan orang lain," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Oleh karena itu, Basuki menginginkan untuk memperdalam peran personel PMI, khususnya PMI DKI. Relawan-relawan PMI ini nantinya akan ditempatkan di setiap RT sehingga mereka akan sigap siaga setiap waktu, bukan hanya saat bencana.

Basuki juga berharap para personel PMI itu dapat membantu memonitor kesulitan-kesulitan warga Jakarta. Kesulitan-kesulitan warga, yang dapat dimonitor PMI, antara lain warga lanjut usia (lansia) yang sakit di rumah, keluarga sakit yang tidak bisa dirawat, anak balita kurang gizi, anak tidak bisa sekolah, rumah yang mau roboh, hingga kekurangan air bersih.

"Semuanya bisa lapor ke kita, kan. Tugas kami supaya bisa melaksanakan semua pelaporan. Jadi, walaupun kesannya overlap dengan tugas lurah, RT, dan RW, tapi semakin banyak informasi yang masuk, kita cek silangnya lebih baik," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.