JKT48 Diharapkan Gandeng AKB48 untuk Promosikan Pariwisata Jakarta - Kompas.com

JKT48 Diharapkan Gandeng AKB48 untuk Promosikan Pariwisata Jakarta

Kompas.com - 08/10/2014, 14:25 WIB
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES JKT48 menghibur pengunjung stan Honda dalam acara Indonesia International Motor Show 2014, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu (27/9/2014). Menampilkan artis papan atas merupakan salah satu cara stan-stan di IIMS 2014 untuk menarik pengunjung.
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman berharap idol group JKT48 bisa menggandeng sister group-nya yang ada di Tokyo, yakni AKB48, untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata Jakarta di negeri matahari terbit itu.

Tidak hanya itu, Arie ingin ke depannya ajang Jak-Japan Matsuri tidak hanya digelar secara rutin di Jakarta saja, melainkan juga di Tokyo.

"Kita mau JKT48 promosikan Jakarta di Tokyo, di Jepang, kemudian bisa bertemu dengan AKB48. Saya juga akan minta persetujuan Pak Ahok agar event rutin Jak-Japan Matsuri kalau bisa gantian di Tokyo juga agar promosikan budaya kita di sana," kata Arie, di Balaikota Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Arie menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta punya alasan tertentu menggandeng JKT48 sebagai duta pariwisata Jakarta. Selain memiliki popularitas yang tinggi, sampai saat ini JKT48 menjadi satu-satunya grup di Indonesia yang memiki sister group di luar negeri, yakni AKB48 yang ada di Jepang.

Hal ini, kata Arie, menjadi keuntungan tersendiri karena Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi target pasar utama bagi peningkatan pariwisata Jakarta. "Di Indonesia, mereka ini satu-satunya franchise dari AKB48. Jejaring dari model JKT dan AKB ini kan punya fans yang begitu banyak, dan inilah yang kita manfaatkan. Mereka sebagai entitas bisnis show bisa sambil sama-sama promosikan Enjoy Jakarta," ucap Arie.

Seperti diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memilih JKT48 menjadi duta pariwisata Kota Jakarta. Diharapkan keberadaan JKT48 bisa meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara, terutama yang berasal dari Jepang.

Penandatangan kerja sama promosi pariwisata antara Disparbud DKI dan JKT48 berlangsung di Kantor Disparbud DKI, Selasa (7/10/2014). Penandatangan oleh Arie Budhiman dan Country CEO Dentsu Aegis Network Indonesia, Harris Thajeb.


EditorDesy Afrianti

Close Ads X