SAYA berada di Tebet, Jakarta Selatan, saat hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua. Di kawasan yang masih cukup kental karakter Muslimnya ini, Anies Baswedan memenangkan dua putaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta secara mengesankan.
Dia berhasil mengalahkan sang petahana Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, politisi berdarah Tionghoa dan penganut Kristen yang lebih dikenal dengan nama Ahok.
Tebet adalah salah satu benteng terakhir warga Betawi, sebuah masyarakat yang memegang teguh tradisi dan merupakan warga pertama yang tinggal di kawasan tersebut.
Di awal tahun 1960an, ribuan orang Betawi digusur dari Senayan ketika Presiden Soekarno akan membangun sebuah pusat olah raga (kini dinamakan Gelora Bung Karno).
Setengah abad yang lalu, Tebet merupakan daerah berbukit yang ditutupi pepohonan, sangat terpencil dan miskin, sehingga mendapat julukan sebagai tempat “jin buang anak”.
Di tahun-tahun berikutnya, terlepas dari tata letak taman-tamannya yang sedikit aneh, Tebet sudah mulai tertata. Saat ini, bahkan dua ratus ribu penduduk telah mendiami kawasan yang luasnya kurang dari sepuluh kilometer persegi itu: sebuah kampung perkotaan klasik.
Dengan hanya sedikit gedung-gedung bertingkat, Tebet memiliki jalanan yang berbelok-belok, gang-gang dan trotoar kecil, serta kemacetan saat jam-jam sibuk, mulai dari mobil mewah hingga truk barang, bajaj, ojek, dan gerobak yang hampir tidak dapat ditembus.
Pada 14 April 2017, hanya lima hari sebelum pencoblosan, Djarot Saiful Hidayat, pasangan Ahok, menuju masjid Jami Al-Atiq untuk salat Jum'at. Terletak di antara sungai Ciliwung dan jalur kereta api yang sibuk, rumah-rumah di sekitar masjid termasuk yang paling padat di Tebet.
Apa yang terjadi kemudian telah banyak menimbulkan kontroversi di media. Djarot shalat bersama dengan para jamaah dan ketika hendak meninggalkan masjid, warga menyapanya dan meminta berfoto "selfie" dan seketika itu para pengurus masjid tiba-tiba menyerukan jamaah untuk tidak memilih pemimpin non-Muslim.
Hal ini menjadi titik serang utama lawan-lawan Ahok dalam kampanye yang memecah-belah masyarakat. Ahok sendiri sedang menghadapi sidang penistaan agama yang berbelit-belit karena diduga telah menistakan ayat suci Al-Quran. Tak sedikit yang menganggap peradilan terhadap Ahok ini tidak adil.
Kembali ke Tebet, orang-orang mulai menyatakan dukungannya untuk Anies, tepat saat Djarot pergi. Dalam hitungan menit, insiden tersebut menyebar di media sosial dengan cerita bahwa Djarot telah “diusir” dari masjid.
Peristiwa ini menegaskan bagaimana Jakarta yang tengah memilih Gubernur hampir teracuni oleh sentimen anti-Ahok. Anehnya, kepolisian Jakarta Selatan mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa Djarot tidak diusir, walaupun dari video yang menyebar di media sosial, jelas terlihat sejumlah jamaah masjid meneriaki dia.
Berita tentang kejadian itu menarik perhatian saya, terutama sejak Tebet berubah (setidaknya sejak reformasi) menjadi pusat butik indie ("distro"), kafe dan restoran hipster yang menarik perhatian para pengunjung dari seluruh Jakarta.
Terlepas dari semua sentimen panas terkait Pilkada hari itu, "Bloop," salah satu distro terkenal di daerah itu, sedang dikerubungi pembeli remaja yang melihat-lihat T-shirts dan hoodies dengan desain-desain selera anak muda.
Karena itu, saya pun pergi ke sana untuk lebih memahami situasi kondisi di lapangan. Apakah yang tuliskan media-media mainstream, tentang kaum ekstrim yang telah mengambil alih kota dan sulitnya menantang hal itu atas nama kemoderatan dan keberagaman, sudah tepat?