Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Buka Puasa di Warung Tenda

Kompas.com - 06/09/2008, 08:23 WIB

JAKARTA, KAMIS — Makanan ala warung tenda memiliki keunikan. Tanpa tema khusus, percayalah beragam makanan dan minuman yang dijajakan di warung tenda sekitar masjid tertentu akan mampu menggugah selera.

Pedagang di seberang Masjid Al Hakim punya menu nasi goreng, bakso, sate, mi ayam, nasi uduk, tahu gejrot cirebon, steak, dimsum, dan siomay. Di dekat Masjid Al Azhar ada es campur, bandrek, bir pletok, soto betawi, kerak telor, masakan Padang, kebab, dan steak. Sementara itu, mereka yang biasa makan di depan Masjid Sunda Kelapa menyebut tongseng kambing sebagai makanan populer.

Makanan dan minuman olahan warung tenda dekat Masjid Al Azhar juga beragam, ada masakan khas Indonesia dan menu gaya mancanegara. Sebut saja wedang ronde, pecel lele, bebek goreng, sate, siomay, bubur ayam, roti bakar, serta aneka makanan Jepang ala pinggir jalan.

Di Keyaki, warung tenda penjual masakan Jepang, tersedia puluhan menu ala Jepang. Ada menu goreng-gorengan, semur, atau tumisan ala Jepang. Namanya juga warung tenda tak mungkin ada sushi atau sashimi. Namun, harganya tentu murah meriah ketimbang restoran Jepang.

Beberapa yang favorit adalah chicken katsu, macam-macam tempura, juga yasai tempura (tempura sayuran). Belum lagi aneka nasi goreng. Enaknya, semua masakan itu relatif cepat disajikan. Ridwan, pemilik Keyaki, bercerita, menu-menu sajian Keyaki merupakan hasil ”memata-matai” restoran Jepang kebanyakan atau warung tenda bermenu Jepang yang lebih dulu ada. Ridwan juga tak segan belajar dengan bertanya kepada tukang masaknya.

Menu goreng-gorengan di Keyaki cukup mengesankan. Ada yang menggunakan baluran tepung panir dan ada yang memakai tepung ala tempura. Keduanya bercitarasa Indonesia yang menyukai rasa lebih berani, tetapi masih bisa ditoleransi.

Ebi tempura, yakni udang segar berbalut tepung, sangat renyah. Bahkan, ketika sudah dingin masih lumayan renyah. Cumi tempuranya juga tak mengecewakan. Jika bosan dengan sajian menu buka puasa pada acara-acara berbuka puasa resmi, ada baiknya mencoba buka dan sahur bersama di Raden Patah. Pasti seru! (SF/TRI/ARN/NEL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com