Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Bocor, 40 Persen Pasokan Air Terganggu

Kompas.com - 08/04/2009, 16:21 WIB

JAKARTA KOMPAS.com — Kebocoran pipa primer berdiameter 900 milimeter di daerah Jati Pinggir, Petamburan, Jakarta Pusat, menyebabkan 40 persen pasokan air bersih di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara terganggu. Gangguan pasokan juga terjadi di Jakarta Selatan karena panel pompa air baku Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cilandak terendam banjir.

Kebocoran pipa primer di Jati Pinggir disebabkan oleh penanaman tiang pancang untuk pelebaran Kanal Banjir Barat (KBB), Senin malam lalu. Presiden Direktur Palyja Philippe Folliasson, Rabu (8/4), mengatakan, kebocoran itu berdampak besar terhadap pelayanan. Sekitar 40 persen wilayah pelayanan Palyja mengalami gangguan pasokan.

Wilayah yang terkena dampak yaitu Ancol, Angke, Bendungan Hilir, Cideng, Duri Pulo, Duri Selatan, Duri Utara, Gambir, Glodok, Grogol, Jembatan Besi, Jati Pulo, Jembatan Lima, Kali Anyar, Kampung Bali, Karang Anyar, Karet, Karet Kuningan, Karet Tengsin, Kartini, Keagungan, Kebon Kacang, Kebon Melati, Kebon Kelapa, Kerendang, Kotabambu, Krukut, Mangga Besar, Mangga Dua Selatan, Maphar, Pasar Baru, Pejagalan, Pekojan, Penjaringan, Petamburan, Petojo Pinangsia, Pluit, Roamalaka, Setiabudi, Slipi, Tamansari, Tambora, Tanah Sereal, Tangki, dan Tomang.

Pada Selasa malam, pukul 22.45, panel pompa air baku Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cilandak juga terendam banjir. Akibatnya distribusi air bersih kepada pelanggan di Jakarta Selatan juga terganggu. Wilayah yang terkena dampak antara lain Jati Padang, Pasar Minggu, Pejaten, Kalibata, Cilandak, Cipete, Gandaria, Pondokpinang, Kebayoran Lama, Bintaro, Pesanggrahan, Ulujami, Cipulir, Sukabumi Selatan, Grogol Selatan, Pulo, Gunung, Gelong, Melawai, Kramatpela, Rawabarat, Petogogan, Mampang Prapatan, Tegal Parang, Duren Tiga, Pancoran, Pengadegan, Rawajati, Cikoko, Tebet, Kebonbaru, Manggarai, Bukitduri, dan Pela Mampang.

Philippe mengemukakan, pada Selasa malam, Palyja menerjunkan tim untuk memperbaiki pipa primer yang ada di Jatipinggir dan diharapkan sore ini perbaikan selesai. “Sejak tadi malam, tim kami terus bekerja keras dan berupaya untuk memperbaiki pipa primer yang rusak,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com