Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gayus Jadi Jagung Manis, Andi Kosasih Jadi Klepon

Kompas.com - 10/04/2010, 18:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada-ada saja kiat pedagang kecil supaya dagangannya laris. Menyadari popularitas itu penting dalam berniaga, pedagang jagung dan klepon ini mencatut nama Gayus Halomoan Tambunan dan Andi Kosasih. Alhasil, meski kedua nama itu identik dengan tindakan negatif, popularitasnya membuahkan hasil positif bagi pedagang.

Ini sebagaimana terlihat di arena Pesta Wirausaha 2010 di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (10/4/2010). Gilang (19), penjual jagung manis dan klepon, memanfaatkan ketenaran kedua nama itu dengan menempelkan foto mereka di gerobak dagangannya. Tampak sangat jelas foto bergambar Gayus Tambunan dibanderol Rp 5.000 dan Andi Kosasih Rp 500.

"Saya sengaja memasang foto mereka karena ini strategi marketing saya," kata Gilang, tersenyum. Terang saja, strateginya itu memancing perhatian pengunjung. Maklum, Gayus dan Andi Kosasih hampir tiap hari nongol di media massa. "Gayus berarti jagung manis, kalau Andi Kosasih berarti klepon," imbuhnya sambil tersenyum geli.

Peningkatan omzet pun terlihat jelas setelah pemasangan foto tersebut. Gilang mengaku penjualannya meroket sampai 120 persen. "Jagung manis keju dan klepon gurih saya omzetnya naik 120 persen. Padahal, kemarin enggak segini. Saya baru pasang foto hari ini dan langsung naik," ungkap enterpreneur muda itu. (iwantaunuzi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com