Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Digusur, 6 Warga Kubur Diri

Kompas.com - 02/08/2010, 12:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menolak penggusuran, sebanyak enam warga Cempaka Putih, Senin (2/8/2010), menguburkan diri. Hal itu dilakukan di pekarangan rumah mereka, Jalan Kompleks Perkantoran Rawa Kebo, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, yang rencananya digusur pemerintah, Selasa besok.

Di dalam lubang berdiameter 1 m dengan dalam 1,2 m, Salmah, Paidi, Dadang Sukanta, Dyatmo Suminto, Firzen Saleh, dan Suherman menguburkan diri. Dengan posisi duduk, tubuh mereka terkubur hingga leher dan rencananya aksi yang telah digelar sejak pukul 10.00 WIB itu akan dilangsungkan hingga pukul 12.00 WIB.

Mereka adalah warga yang selama ini mengontrak di lahan milik Kusen (78), sebagian di antaranya bahkan gratis menempati kontrakan tersebut. Tanah milik Kusen itu rencananya akan digusur untuk dijadikan kantor pengadilan agama.

Pria asli Purworejo itu sudah menempati lahan tersebut sejak 57 tahun lalu. Namun, hingga tanah tersebut direncanakan untuk digusur, pensiunan Guru SMK 4 itu hanya memegang surat hak garap dari RT dan RW setempat.

Salmah (52), salah seorang yang menguburkan dirinya pagi ini, rela melakukan hal tersebut karena merasa tidak punya pilihan lain selain menolak penggusuran tersebut, pasalnya ia tidak mempunyai pilihan lain untuk tinggal.

"Perjuangan demi anak cucu" tuturnya sambil beranjak masuk ke dalam lubang, Senin (2/8/2010).

Hingga berita ini diturunkan, aksi kubur diri tersebut masih dilangsungkan, warga pun mulai berdatangan untuk menyaksikan kejadian langka tersebut. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com