Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 9 Bulan Ada 20 Tawuran

Kompas.com - 30/09/2010, 08:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tawuran kembali marak di Jakarta Pusat. Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat mencatat 20 tawuran terjadi sejak Januari hingga Rabu (29/9/2010) kemarin. Namun, belum ada solusi menyeluruh untuk mengatasi tawuran yang umumnya terjadi di wilayah tertentu.

Baku lempar, baik antarwarga maupun pelajar, terjadi di sejumlah tempat, seperti di Kecamatan Johar Baru, Kecamatan Senen, dan Jalan Kramat Raya.

Terakhir, tawuran terjadi di Jalan Tanah Tinggi XII, Selasa lalu. Tawuran tidak hanya saling lempar batu, tetapi juga menggunakan senjata tajam. Tiga orang luka akibat kejadian itu. Sehari sebelumnya, tawuran antarwarga terjadi di tempat yang sama.

Dari keterangan yang dilansir situs web Humas Polda Metro Jaya, polisi menyita sebilah samurai, balok kayu, dan empat selongsong petasan seusai tawuran itu. Tiga pelaku yang masih berusia remaja ditangkap Polsek Metro Johar Baru, yakni IM (16), Zu (16), dan Za (19).

”Dari tawuran yang terjadi sebelumnya, kami juga sempat menangkap beberapa tersangka,” papar Kepala Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Hamidin, Rabu.

Permukiman padat

Tawuran yang terjadi antarwarga biasa diawali anak-anak muda. Namun, penyebab tawuran tidak terlalu jelas.

Anak-anak muda itu biasa nongkrong bersama, bahkan hampir 24 jam. Kondisi itu terjadi karena sebagian rumah dihuni lebih dari dua keluarga.

”Mereka biasa tidur bergantian karena rumah sempit, tetapi penghuninya banyak. Nah, sambil menunggu giliran istirahat, mereka nongkrong di pinggir jalan atau di mulut gang,” kata Hamidin.

Kondisi itu membuat masyarakat mudah terprovokasi dan terjadilah tawuran. Selain di Jalan Tanah Tinggi XII, tawuran di Johar Baru juga terjadi antara lain di Jalan T, Kampung Rawa, dan perempatan Jalan Baladewa. Sementara di Kecamatan Senen, tawuran antarwarga juga terjadi di Jalan Kramat Pulo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com