Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bekuk Lima Orang Diduga Calo STNK

Kompas.com - 18/12/2010, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lima orang yang diduga calo pengurusan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) di kantor Sistem Administrasi Manajemen Satu Atap (Samsat) Jakarta Selatan dicokok petugas. Kelimanya diduga menyaru sebagai juru parkir.

"Kelimanya kami tangkap sejak tiga hari lalu dalam sebuah operasi penertiban calo yang digelar sampai dua minggu ke depan. Dari gerak-geriknya, mereka terlihat seperti seorang calo. Ada yang kedapatan saat menawarkan jasanya," ucap Kasubsie Samsat Jakarta Selatan Ajun Komisaris Nyoman Yogi, Jumat (17/12/2010) siang.

Kelima orang yang diduga calo itu masing-masing berinisial CD (41), NW (36), RSI (49), SRA (40), MRH (35), dan JH (39). Kesemuanya warga sipil dan baru pertama kali tertangkap tangan sedang berusaha mencari orang yang ingin mengurus STNK dan BPKB.

"Mereka kami data dan selanjutnya kami berikan peringatan supaya tidak melakukan lagi perbuatan itu," papar Yogi.

Operasi penertiban calo di kantor Samsat Jakarta Selatan, kata Yogi, sebagai upaya untuk mencapai pelayanan zero complain.

Pasalnya, keberadaan para calo sangat merugikan masyarakat sebagai pemohon yang mengurus pajak dan perpanjangan STNK serta BPKB. Para calo, ucap Yogi, bisa mengambil keuntungan dua kali lipat dari tarif resmi. (Dedy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com