Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MD Beraksi Antarperusahaan

Kompas.com - 30/03/2011, 21:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian sedang mendalami modus operandi yang dilakukan pelaku tindak pidana pencucian uang di Citibank, MD (48). Ia diduga melakukan aksinya dengan mengalihkan dana hasil manipulasinya dari nasabah ke rekening perusahaan pribadinya.

MD yang dibantu oknum teller Citibank, D, berhasil meraup uang sejumlah Rp 17 miliar. "Dia pindahkan uangnya antarperusahaan. Akhirnya, perusahaan terakhir adalah perusahaan milik dia," ungkap Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Anton Bachrul Alam, di Mabes Polri, Rabu (30/3/2011).

Anton belum menjelaskan secara terperinci mengenai nama perusahaan-perusahaan yang dialiri dana dari manajer di Citibank itu karena penyidikan di kepolisian masih berjalan. Namun, Anton memastikan, uang tersebut juga ditransfer MD melalui bank yang berbeda.

"Jadi, MD itu, dia bisa memindahkan transaksi dibantu lewat teller ke satu bank, dan dari bank itu bisa dimasukkan lagi ke bank lain," ujar Anton.

Polisi telah menyita barang bukti berupa dokumen-dokumen transaksi, mobil Mercedes Benz S300 atas nama anak MD, dan satu unit mobil Hummer warna putih dengan nomor polisi B-18-DIK yang telah dititipkan di rumah penitipan barang sitaan Jakarta Utara. Mobil itu diberikan kepada suaminya dengan kepemilikan atas nama suaminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com