Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Korban Selly Mudah Percaya?

Kompas.com - 31/03/2011, 22:03 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Meski baru ada dua laporan resmi yang masuk ke pihak kepolisian, baik di Bandung maupun di Bogor, korban Selly Yulistiawati diyakini masih akan terus bertambah. Modus yang dilakukan Selly dalam melancarkan aksi penipuannya pun beragam, mulai dari mengimingi bisnis pulsa dan ponsel hingga meminjam uang untuk berobat.

Menurut pengakuan sang ayah, Yusral, Selly memang memiliki sifat suka meminjam uang ke sana-sini. Bahkan, untuk orang baru pun Selly dengan pintarnya memikat hati kenalannya sampai bisa leluasa meminjam uang.

Namun, apakah sebenarnya yang membuat orang-orang baru tersebut dengan mudahnya percaya kepada Selly? Kanit 1 Polwiltabes Bandung AKP Salim Aziz menuturkan, setiap berusaha meminjam uang kepada teman-temannya, Selly selalu menjanjikan uang berlipat ganda.

"Untuk kasus yang di Bandung, Ahmad dijanjikan dikembalikan uang sampai Rp 6 juta, padahal Selly pinjam Rp 2,5 juta," ucap Salim, Kamis (31/3/2011) di Polres Kota Bogor.

Di Bandung, ada tiga korban yang dirugikan Selly dengan dalih meminjam uang untuk berobat. Selain Ahmad, ada Zenes yang dirugikan Rp 800.000 dan Lima Rp 200.000.

Kuasa hukum Selly, Ramdhan Alamsyah, mengakui kliennya memang kerap menjanjikan uang berlipat saat meminjam uang. Namun, karena tidak mampu membayar uang lipatan ganda itu, Selly pun hanya mengembalikan pinjaman pokok.

"Namanya juga teman, jadi sama-sama percaya saja. Selly memang bilang akan mengembalikan Rp 5 juta-Rp 6 juta, tapi aslinya dia balikin pinjaman pokoknya," ucap Alamsyah.

Selain menjanjikan uang berlipat ganda, kepribadian Selly pun mendukung sehingga ia bisa dengan mudahnya dekat dengan korban yang baru dikenalnya. "Selly temannya memang banyak. Orang baru sama dia udah bisa dan mau minjamin uang," ucap ayah Selly, Yusral.

Dilihat dari penampilan fisik Selly, ia memang sosok gadis berparas ayu dengan kulit yang terawat. Semasa SMA pun, menurut pengakuan kuasa hukumnya, Selly sudah populer karena kecantikan dan keramahannya.

Hingga kini sudah ada dua laporan korban aksi penipuan Selly yang masuk secara resmi ke pihak kepolisian dengan lokasi kejadian di Bogor dan Bandung. Korban di Bogor hanya satu orang, yakni Vici, warga Bogor yang kini menetap di Papua.

Vici dirugikan Selly sebesar Rp 10 juta dengan dalih bisnis ponsel Esia dengan harga sangat murah. Sementara itu, laporan terakhir terjadi di Bandung dengan korban Zenes, Ahmad, dan Lima.

Zenes mengaku dirugikan Rp 800 ribu, Ahmad Rp 2,5 juta (sebelumnya dijanjikan kembali Rp 6 juta), dan Lima Rp 200 ribu pada bulan Februari 2010. Mereka merupakan warga Bandung yang berkenalan dengan Selly saat berkumpul di Ciwalk.

Diperkirakan korban Selly akan terus bertambah. Polisi sebelumnya sudah menghimbau agar setiap warga yang merasa menjadi korban Selly dapat langsung melapor ke kepolisian untuk ditindaklanjuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com