Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Bangunan di Kalijodo Dibongkar

Kompas.com - 12/05/2011, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - 54 bangunan yang berdiri di atas saluran air di Kalijodo, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Kamis (12/5/2011) dibongkar. Bangunan itu menutupi aliran sungai sehingga lebar sungai yang semula 20 meter tinggal 5 meter. Bangunan itu terdiri atas bangunan permanen dan nonpermanen.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Barat Heryanto mengatakan, saluran air yang tertutup menyebabkan banjir dan genangan di sekitarnya.

"Waktu banjir besar tahun 2007 bisa terendam hingga 1 meter. Untuk itu kami juga akan memasang pompa berkapasitas 1000 liter per detik untuk menyedotnya," katanya.

"Warga yang rumahnya dibongkar pindah ke tempat lain. Mereka sudah tinggal atau mengontrak di tempat itu selama belasan tahun. Setelah bangunan dibongkar," kata Heryanto, aliran Kalijodo akan dinormalisasi dan dialirkan ke Kanal Banjir Barat.

Ketua RW 10 Kelurahan Angke Gunarso mengatakan, kebanyakan bangunan itu memang tanpa izin, tetapi sulit untuk ditertibkan. Diharapkan setelah dibongkar genangan dan banjir bisa dikurangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com