Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Desain RSUD Berhadiah Rp 350 Juta

Kompas.com - 19/05/2011, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Selatan merupakan satu-satunya wilayah di DKI yang belum terfasilitasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Karena itu, Dinas Kesehatan DKI merencanakan pembangunan RSUD di Jakarta Selatan selesai akhir 2013.

"Proses pembangunan RSUD tersebut memasuki tahap sayembara desain bangunan. Dinkes DKI bersama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bekerjasama dalam penyelenggaraannya," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI, Dien Emmawati di Jakarta, Kamis (19/5/2011).

Cara tersebut merupakan bentuk implementasi dari Arah Kebijakan sesuai dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Saat ini, prosesnya sedang ditenderkan melalui situs resmi pemerintah, portal nasional.

Lomba desain itu diikuti 118 peserta dan berhadiah Rp 350 juta. Rencananya RSUD tersebut akan dibangun di wilayah Pasar Minggu. Pembangunan RSUD ini sendiri merupakan program dedicated kesehatan yang bertujuan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui kemudahan akses masyarakat luas terhadap fasilitas kesehatan.

Pihak Dinkes DKI sudah mengundang seluruh peserta desain bangunan RS yang rencananya dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare tersebut. Untuk penentuan pemenang desain benar-benar akan dilakukan dengan selektif agar nanti RSUD di Jakarta Selatan tersebut dapat menjadi RS rujukan dan unggulan di mata masyarakat.

"Sesuai master plan dan detail engineering design (DED) ditetapkan bentuk bangunan akan mampu menampung 400 ruang rawat inap bagi masyarakat miskin," kata Dien.

Untuk kelas RSUD masih belum ditetapkan statusnya. Selain itu, pihak Dinkes DKI juga sedang menyelesaikan pengurusan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Semua syarat pendirian RS dilakukan sesuai aturan agar tak ada permasalahan ketika pembangunan gedung selesai.

RSUD ini rencananya akan dibangun dengan konsep green hospital pada tahun 2012. Biaya yang dianggarkan untuk pembangunan rumah sakit ini diperkirakan sebesar Rp 10 miliar dari APBD. Namun untuk biaya penyelesaian pada tahun 2013, masih belum dianggarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com