Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Ingin Jadi Abang None Buku?

Kompas.com - 15/06/2011, 09:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka merayakan HUT ke-484 Kota Jakarta, masing-masing perpustakaan daerah menyelenggarakan acara rutin, yaitu Hari Anak Jakarta Membaca dan Pemilihan Abang None Buku sebagai Duta Buku. Salah satu yang akan menggelar acara ini adalah Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan.

"Acara ini sudah rutin dilakukan. Ada berbagai macam lomba di acara ini yang ditujukan bagi para pelajar SD, SMP dan SMA," kata Staf Layanan Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Selatan, Syahmiranti Datau di Jakarta, Selasa (14/6/2011).

Lomba yang akan digelar pada Hari Anak Jakarta Membaca tingkat Jakarta Selatan tersebut adalah lomba bercerita untuk tingkat sekolah dasar, lomba puisi untuk tingkat sekolah menengah pertama, lomba pidato bahasa Inggris untuk tingkat sekolah menengah atas dan pemilihan Abang None untuk tingkat sekolah menengah atas.

"Nantinya para juara lomba di tingkat kota ini akan diadu dengan juara dari tingkat kota administrasi lain untuk memperebutkan posisi teratas di tingkat provinsi. Untuk Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur, acara ini sudah berlangsung," ungkap Ira.

Tujuan acara tersebut adalah untuk mengembangkan minat baca pelajar dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Program ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti SK Gubernur No. 399/2006 tentang Hari Anak Jakarta Membaca.

Bagi para peserta yang ikut disediakan tiga judul untuk lomba puisi dan lomba bercerita. Sedangkan untuk pemilihan Abang None Buku, masing-masing peserta harus membuat abstraksi dari satu karya fiksi dan satu karya umum. Saat ini, sedang dilakukan technical meeting bagi para peserta. Untuk lombanya akan berlangsung dari tanggal 16 - 21 Juni 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com