Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Nabung Sampah!

Kompas.com - 02/07/2011, 00:02 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Menabung sampah? Mengapa tidak. Warga kelurahan di  Kecamatan Sukmajaya, Depok, membuka Bank Sampah Poklili. Bank ini sementara hanya buka setiap Jumat untuk menampung tabungan sampah warga. Setiap tabungan sampah ditimbang, dihitung, dan ditaksir nilainya. Pada saat tertentu, tabungan ini dapat diambil oleh nasabah sesuai keinginannya.

"Saat ini, nasabah Bank Sampah Poklili mencapai 125 orang. Bukan hanya dari kelurahan sini saja, melainkan juga dari wilayah lain. Bahkan lain kota," kata pendiri Bank Sampah Poklili saat ditemui Kompas, Jumat (1/7/2011) di Depok, Jawa Barat.

Pada hari Jumat tidak hanya ada penimbangan sampah, tetapi pengelola juga menggelar pelatihan memanfaatkan sampah sehingga dapat bernilai ekonomi. Pada Jumat ini ada kunjungan Profesor Kozo Obara dari Kagoshima University, Jepang. Kunjungan ini untuk melihat langsung pengelolaan sampah di Bank Sampah Poklili.

Naya (27), nasabah asal Ciputat, Tangerang Selatan, tertarik bergabung dengan bank ini sejak dua bulan lalu. Naya mengirim sampah setiap bulan ke Bank Sampah Poklili di Sukmajaya, Depok.

Meskipun jaraknya jauh, dia puas dapat memanfaatkan sampah. "Awalnya saya penasaran dengan pengelolaan sampah Bank Sampah Poklili. Saya tidak tahu ada pengolahan sampah di Ciputat," kata Naya.

Selain menjadi nasabah, Naya juga bergabung mengikuti pelatihan pengolahan sampah plastik.

Ketertarikan yang sama disampaikan oleh Wanda (27), mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (UI). Sebelum bergabung menjadi nasabah Bank Sampah Poklili, Wanda sudah mengolah sampah secara mandiri. "Jika gerakan pengolahan sampah menjadi kesadaran bersama, persoalan sampah bukan hal yang menakutkan," kata Wanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com