Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Buka, Samsat Masih Sepi

Kompas.com - 02/09/2011, 19:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Selatan mulai dibuka hari ini, Jumat (2/9/2011) pagi. Namun, hingga siang hari, kantor Samsat di dalam kompleks Polda Metro Jaya itu masih tampak sepi.

"Hari pertama ini lancar. Tapi, hanya satu masalahnya, yaitu kami sudah siap begini justru warganya yang enggak ada," ujar Kepala Seksi STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Gatot Subroto, Jumat (2/9/2011).

Ia menuturkan pada hari Jumat ini, warga yang hendak memperpanjang STNK jumlahnya hanya mencapai seratus orang di kantor Samsat Jakarta Selatan. Pada hari-hari biasa, dalam sehari Samsat menerima lebih dari seribu permintaan perpanjangan STNK.

"Mungkin karena orang-orang masih mudik jadi agak sepi. Kemungkinan akan kembali normal dua minggu setelah Lebaran," tutur Gatot.

Mobil SIM/STNK Keliling juga mulai beroperasi hari ini. Tetapi, lagi-lagi warga masih belum memanfaatkan mobil SIM/STNK keliling yang tersebar di beberapa lokasi. "Buktinya sampai sekarang nihil, belum ada permintaan dari warga," ujarnya.

Salah seorang warga Mampang, Lian (45), menuturkan, dirinya sengaja memilih hari ini untuk memperpanjang STNK mobil yang akan jatuh tempo pada tanggal 4 September 2011 nanti. "Ya supaya tidak padat dan tanggal 4 September itu, kan, sebentar lagi jadi sekarang ngurus-nya. Saya tahu dari website kalau kantor Samsat sudah buka hari ini," ungkap Lian.

Ia menambahkan akibat sepinya kantor Samsat, pelayanan pun terbilang sangat cepat akibat tidak ada antrean di tiap loketnya. Pengurusan pun bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 menit.

Meski masih sepi, Gatot mengatakan kantor Samsat akan tetap buka seperti biasa, yakni pukul 08.00-15.00 pada Senin-Kamis dan pukul 08.00-14.00 pada Jumat. Pada Sabtu, Samsat buka pukul 08.00-12.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com