Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Ronaldo dan Dzeko

Kompas.com - 11/11/2011, 04:22 WIB

Sarajevo, Kamis - Leg pertama play-off antara Bosnia-Herzegovina dan Portugal bakal menjadi pembuktian ketajaman antara dua penyerang subur di La Liga dan Liga Primer, Cristiano Ronaldo dan Edin Dzeko. Pertandingan ini bakal berat bagi Bosnia yang kehilangan sejumlah pemain andalan.

Ronaldo yang telah mencetak 12 gol di Liga Spanyol diandalkan untuk membobol gawang tuan rumah Bosnia, Sabtu (12/11) WIB. Kemenangan di leg pertama ini akan menjadi modal penting meraih tiket terakhir ke putaran final Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina.

Dzeko yang tajam di Liga Inggris bersama Manchester City dengan 10 gol menjadi andalan utama Bosnia. Dzeko akan menjadi ancaman serius bagi lini pertahanan Portugal bersama duetnya, Zvjezdan Misimovi.

”Kami akan puas meskipun dengan kemenangan 1-0 melawan Portugal, tidak masalah siapa yang mencetak gol,” ujar Dzeko.

Pergerakan Dzeko bakal mendapat kawalan ketat dari Pepe yang menjadi andalan Real Madrid. Pepe bakal menjadi lawan tangguh yang harus dilewati oleh Dzeko sebelum mendekati jantung pertahanan Portugal. Empat gol dalam 10 pertandingan kualifikasi Piala Eropa cukup membuktikan ketajaman Dzeko.

”Dia pemain yang sangat kuat,” ujar Pepe.

”Dia senang memunggungi pemain bertahan dan kemudian berbalik dengan cepat untuk mencetak gol. Kami, dan saya khususnya, harus bersiap mengawal Dzeko,” ujar Pepe.

Ronaldo yang pekan lalu mencetak hattrick saat Madrid mengalahkan Osasuna, 7-1, mungkin akan lebih leluasa bergerak di daerah pertahanan Bosnia yang kehilangan para pemain andalannya karena cedera dan hukuman.

Lini pertahanan Bosnia kehilangan bek andalan Mensur Mujdza yang mengalami cedera tulang kering kaki. Adapun Boris Pandza dan Sasa Papac terkena larangan bertanding di leg pertama di Zenica itu.

Empat pemain bertahan baru yang dipasang oleh Pelatih Bosnia Safet Susic saat uji coba melawan klub lokal Zeljeznicar Sarajevo masih terkesan rapuh. Pertandingan dimenangi 2-1 oleh timnas Bosnia, tetapi mereka berkali-kali terancam serangan mematikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com