Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penglaju Mulai Gelisah

Kompas.com - 29/11/2011, 08:01 WIB
M Suprihadi

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com Perombakan rute kereta komuter Jabodetabek atau biasa disebut KRL (kereta rel listrik) yang akan diujicobakan mulai 1 Desember lusa mulai membuat gelisah para penglaju yang setiap hari menggunakan kereta sebagai sarana transportasinya. Mereka khawatir perjalanan akan menjadi lebih lama dan bertambah tidak nyaman.

Pemantauan Kompas dalam dua hari ini di Stasiun Cakung, Jakarta Timur, para calon penumpang umumnya memerhatikan poster-poster rute baru yang sudah ditempel di sejumlah tempat di stasiun. "Sayang jadwalnya belum ada ya," kata Dani, calon penumpang yang tinggal di Pulogebang.

Menurut karyawan sebuah kantor di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, ini, dia selama ini selalu naik KRL jurusan Tanah Abang dan berhenti di Stasiun Sudirman. Mulai tanggal 1 Desember, KRL dari Bekasi hanya berhenti di Stasiun Manggarai.

"Tahu sendiri kereta yang dari Bogor setiap pagi sudah penuh sesak. Kalau ketambahan penumpang dari Bekasi, enggak tahu kaya apa jadinya," lanjut perempuan muda itu.

Dalam rute baru yang sudah disosialisasikan, kereta dari Bekasi tinggal dua rute, yakni Bekasi-Jatinegara dan Bekasi-Kota lewat Manggarai-Gambir. Dengan demikian, semua penumpang tujuan Sudirman yang merupakan stasiun sentral untuk ke arah pusat kota seperti Blok M dan Thamrin harus berhenti di Manggarai. Dari Manggarai, penumpang harus naik kereta dari Bogor yang ke Tanah Abang, atau menunggu kereta loop (memutar) dari Jatinegara, Manggarai-Tanah Abang-Duri-Kampungbandan.

Perpindahan penumpang di Stasiun Manggarai setidaknya membutuhkan waktu 10-15 menit atau bahkan bisa lebih lama. "Padahal kalau langsung ke Tanah Abang, kereta hanya berhenti di Manggarai dua menit saja untuk menurunkan dan menaikkan penumpang," kata Anto, warga Bintara yang bekerja di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, yang biasa turun di Stasiun Karet.

Rute baru

Sesuai dengan rute baru yang diumumkan PT KAI Commuter Jabodetabek, perjalanan kereta per 1 Desember adalah sebagai berikut:

1. Bogor/Depok - Manggarai - Jakarta Kota (PP)

2. Bogor/Depok - Tanah Abang - Kampungbandan - Pasar Senen - Jatinegara (PP)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com