Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target DKI Jakarta Bebas Anak Jalanan Bakal Tercapai

Kompas.com - 29/11/2011, 12:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Target Kementerian Sosial membebaskan Jakarta dari anak jalanan pada akhir 2011 diyakini bisa tercapai karena berbagai langkah strategis yang dilakukan selama ini mulai menunjukkan hasil.

"Kami lihat langkah-langkah strategis yang dilakukan sejauh ini bisa tercapai. Walaupun tidak seluruhnya, hal itu akan menurun secara drastis," kata Ketua Program Pascasarjana Bidang Kesejahteraan Sosial Univesitas Indonesia Fentiny Nugroho di Jakarta, Selasa (29/11/2011).

Fentiny Nugroho menilai, komitmen Kementerian Sosial merupakan sebuah kemauan politik yang sangat penting karena dengan menyuarakan target tersebut, semua pihak terkait bekerja sama untuk mencapai target bebas anak jalanan.

Langkah-langkah yang sudah dan terus akan dijalankan Kementerian Sosial untuk mencapai target tersebut, seperti memberikan tabungan untuk anak jalanan agar mereka tidak kembali lagi ke jalan.

Menurut Fentiny, tabungan tersebut cukup efektif sebab bantuan itu bisa menahan anak agar tidak kembali lagi ke jalan dan bisa membantu biaya sekolah mereka.

Ke depan, program tabungan tersebut akan diperluas. Selain untuk anak, juga untuk keluarga anak-anak tersebut karena salah satu akar permasalahan anak jalanan adalah kemiskinan sehingga keluarga yang justru menyuruh anak ke jalan.

Tabungan anak jalanan merupakan bagian dari Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA). Target PKSA adalah anak balita telantar, anak telantar, anak jalanan, dan anak yang berhadapan dengan hukum.

Jumlah anak yang dapat dijangkau dalam PKSA selama 2011 mencapai 160.485 anak dengan nilai bantuan sebesar Rp 287,1 miliar.

Khusus untuk DKI Jakarta, program pengentasan anak jalanan dilaksanakan terhadap 8.000 anak. Jumlah tersebut yang harus ditiadakan hingga akhir 2011.

Jumlah anak jalanan di DKI Jakarta pada 2011 sekitar 8.000 anak. Sebanyak 3.325 anak telah menerima buku tabungan dan pembinaan dengan dana dari APBN 2011 sebesar Rp 4,9 miliar. Adapun pada 2009 baru 390 anak terbina, sementara pada 2010 sebanyak 1.140 anak jalanan.

Jumlah anak jalanan yang belum mendapat pembinaan dari dana APBN pada 2011 sekitar 4.675 anak.

Kekurangan tersebut saat ini sudah tertangani melalui APBN hasil penghematan sebesar Rp 5,7 miliar untuk 3.837 anak jalanan dan APBD DKI Jakarta Rp 398 juta untuk 364 anak.

Selain itu, dari dana hibah UKS Rp 385 juta untuk 214 anak, dan CSR Medco Foundation sebesar Rp 390 juta untuk 260 anak. Dengan demikian, total dana pembinaan 8.000 anak jalanan mencapai Rp 11,9 miliar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com