Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Tolak Adegan Rekonstruksi Kasus Raafi

Kompas.com - 13/12/2011, 20:05 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga tersangka dalam kasus pembunuhan Raafi Aga Winasya Benjamin (17) menolak hampir semua adegan rekonstruksi pembunuhan. Mereka menganggap adegan-adegan itu tak sesuai fakta.

Rekonstruksi pembunuhan pelajar SMA Pangudi Luhur itu dilakukan pada Minggu (11/12/2011) di tiga lokasi berbeda. Selain di kafe Shy Rooftop tempat Raafi ditusuk, rekonstruksi juga dilakukan di Jalan TB Simatupang dan kediaman Febri di kompleks Pesona Khayangan, Depok. Tersangka yang menolak adegan rekonstruksi itu adalah Sher Mohammad Febriawan, Connie, dan Abel.

Kuasa hukum ketiga tersangka, Lisa Agustiana, mengatakan bahwa kliennya nyaris menolak seluruh adegan. "Klien kami nyaris menolak seluruh adegan dari awal sampai akhir karena tidak sesuai dengan fakta yang dilihat klien kami di lokasi," ucap Lisa, Senin (12/12/2011) di Mapolrestro Jakarta Selatan.

Beberapa adegan yang ditolak itu yakni adegan ketika Connie terjatuh di lantai dansa Shy Rooftop, Kemang, Jakarta Selatan. Berdasarkan pengakuan Connie, ia terjatuh akibat keributan yang terjadi di tengah lantai dansa.

"Jadi bukan dia yang menciptakan keributan. Kami pun mempertanyakan kalau dia disebut mengeroyok karena dia jatuh akibat kericuhan sebelumnya," kata Lisa.

Saat Connie terjatuh, tersangka lain, yakni Abel dan Toga, membantunya berdiri. Dari cerita versi Connie, ketiga orang tersebut kemudian menghampiri suami Connie, yakni Febri, di meja 48. Febri adalah tersangka utama dalam kasus ini.

Di meja tersebut, Febri sedang duduk bersama-sama dengan saksi Michael dan teman-temannya. Tetapi, saat dilakukan rekonstruksi, ada tersangka lain bernama Robie yang membantu Connie berdiri.

"Padahal hanya ada Toga dan Abel. Karena saat itu situasi sudah tidak kondusif, Febri mengajak istrinya pulang. Mereka langsung pulang diikuti Abel, Toga, Helmi, dan Fajar," ujar Lisa.

Pada rekonstruksi kemarin, ada adegan penitipan pisau yang dipakai menusuk Raafi oleh Febri kepada saksi San. Adegan ini dengan tegas dibantah oleh Febri. Ia enggan memeragakan adegan itu lantaran mengaku tak tahu-menahu peristiwa penusukan Raafi. Alhasil, adegan pun diganti dengan pemeran pengganti.

Adegan selanjutnya adalah saat Abel dan Toga naik mobil Ford Everest bersama Febri dan Connie menuju kediaman suami-istri itu di komplek Pesona Khayangan, Depok. Sementara itu, Fajar dan Helmi naik taksi menuju rumah Helmi di Jalan Ternate, Jakarta Pusat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com