Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rob Makin Parah di Kamal

Kompas.com - 19/01/2012, 07:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rob atau limpasan air laut kembali merendam sejumlah ruas jalan di pesisir Jakarta. Air limpasan itu menggenangi ruas Jalan Kapuk Kamal Raya, Jalan Kamal Raya, dan Jalan Benda Raya di kawasan Kamal Muara, perbatasan Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Tangerang.

Tinggi air rob mencapai 20-50 sentimeter. Air limpasan itu juga menggenangi sebagian ruas Jalan RE Martadinata.

Lurah Kamal Muara Trisubektyo mengatakan, rob tidak biasa meluap sampai ke jalan. Dia menduga hal itu akibat peninggian tanggul laut di sepanjang pesisir Kamal Muara. Peninggian tanggul itu menyebabkan air laut yang pasang dan melimpas ke dalam sungai terdorong jauh ke sungai di bagian hulu atau tengah daratan.

Sementara itu, Kali Kamal dan Kali Tanjungan yang bermuara di pesisir Kamal Muara baru dinormalisasi pada bagian hilir. Sebaliknya, bagian hulu kedua sungai itu masih dipenuhi sedimen sehingga air yang mengalir di bagian sungai itu meluap.

”Semestinya peninggian tanggul laut itu diimbangi dengan normalisasi sungai sehingga banjir rob ini bisa tertangani seluruhnya,” katanya.

Kondisi itu mengakibatkan kemacetan di kawasan Kamal Muara sejak pagi hingga sore. Kedalaman genangan pada beberapa titik di kawasan itu mencapai 50 cm, seperti di Jalan Benda Raya yang sebagian badan jalannya rusak parah.

Menurut Kepala Polisi Subsektor Kamal Muara Aiptu Kisno, kemacetan parah di Kamal Muara terjadi pada pagi hari karena ribuan pengendara sepeda motor dan mobil bergerak dari daerah Dadap, Tangerang, Banten, ke Jakarta. Tak sedikit motor dan mobil mogok karena mesinnya mati terendam air.

”Kemacetan makin parah karena kendaraan yang melintas didominasi trailer,” ujarnya. Menurut petugas piket Posko Banjir DKI Jakarta, Frans Siboro, pasang laut pada Rabu pagi mencapai maksimal, 1,2 meter. Akibatnya, ketinggian air laut di pintu air Pasar Ikan naik dari kondisi normal 1,6 meter menjadi 2,2 meter pada pukul 07.00.

Sejumlah warga Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, mengatakan, rob mulai menggenangi permukiman pada Rabu dini hari. Banjir juga diperparah dengan hujan deras sejak Selasa malam hingga Rabu dini hari.

Langganan banjir

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com