Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Mulyo Wibisono-Ngadisah Gugur

Kompas.com - 13/02/2012, 11:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan Mulyo Wibisono dan Ngadisah gugur dalam pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur independen DKI Jakarta, karena tidak memperoleh dukungan minimal sebanyak 407.340 suara dari warga Jakarta.

"Semalam pukul 23.45 WIB, pasangan Wibisono-Ngadisah datang untuk mendaftar. Namun hanya memperoleh sekitar 125.000 dukungan masyarakat. Sangat disayangkan pasangan tersebut tidak bisa masuk ke proses selanjutnya," kata Ketua Kelompok Kerja Bidang Pencalonan KPU Provinsi DKI Jakarta, Jamaluddin F. Hasyim di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (13/2/2012).

Pasangan yang sudah mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas dukungan masyarakat adalah Faisal Basri-Biem Benjamin, Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria, dan Prayitno Ramelan-Teddy Soeratmadji.

Hingga Senin, pukul 10.45 WIB, proses perhitungan berkas dukungan masih berlangsung untuk berkas dukungan dari pasangan bakal calon Prayitno Ramelan-Teddy Soeratmadji dan sebagian berkas dukungan untuk pasangan Hendardji Soepandji-A Riza Patria.

Berkas dukungan akan masuk tahap verifikasi pada tanggal 13-27 Februari, dan berkas-berkas akan diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara di tiap kelurahan di Jakarta.

Sebelumnya, pasangan Hendardji-Riza Patria mengklaim mendapatkan sekitar 700.000 dukungan. Sedangkan pasangan Ramelan-Teddy dan Faisal-Biem mengklaim mendapatkan sekitar 500.000 dukungan.

Bakal calon gubernur independen yang akan mendaftarkan diri harus mempunyai dukungan paling sedikit dari 407.340 penduduk Jakarta atau empat persen dari total penduduk Jakarta yang berjumlah 10.183.498 orang

Pilgub DKI akan diadakan pada Rabu, 11 Juli 2012. Pilkada akan berlangsung di 15.175 tempat pemungutan suara di lima kota dan satu kabupaten di Jakarta.

Pasangan independen yang lolos dalam proses pencalonan akan mendaftar bersama bakal calon dari partai politik pada 13-19 Maret 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com