Jumat, 1 Agustus 2014

News / Megapolitan

Kecelakaan Mayasari Bhakti Akibat "Human Error"

Rabu, 22 Februari 2012 | 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua sopir bus Mayasari Bakti yang terlibat kecelakaan di Slipi dan Pasar Rebo, yakni Heri Eriyana dan Supriyadi telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Legal Officer Mayasari Bhakti Agus Yono membenarkan bahwa kedua sopir tersebut sudah menjadi tersangka lantaran berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, kecelakaan tersebut terjadi akibat human error.

"Tim legal kami terus memberikan pendampingan kepada dua sopir yang sudah menjadi tersangka itu. Kami juga masih menunggu pelimpahan berkas ke kejaksaan," kata Agus ketika dihubungi, Rabu (22/2/2012).

Dia menjelaskan, secara rutin pihak Mayasari Bhakti mengadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) rutin bagi para pengemudinya. Diklat tersebut dilakukan tiap enam bulan sekali di Cibubur. "Diklat ini bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI dan Polda Metro Jaya," kata Agus.

Dalam diklat tersebut, para pengemudi mendapatkan pelatihan lengkap, mulai dari hal-hal teknis seperti kondisi kendaraan, hingga pengetahuan mengenai peraturan lalu-lintas dan kecelakaan. Tidak hanya itu, pihak Mayasari Bhakti juga selalu mengadakan briefing setiap pagi untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Dengan adanya pengarahan tersebut, sekitar 1.750 pengemudi, tidak akan ada lagi kecelakaan yang melibatkan bus Mayasari Bhakti.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Hertanto Soebijoto