Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Batu di Jalur Pantura

Kompas.com - 30/03/2012, 19:33 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Puluhan aktivis mahasiswa dari IAIN Walisongo menggelar unjuk rasa dengan memblokade Jalan Pantura depan kampus mereka di Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (30/3/2012).

Mereka menutup jalan dengan membakar ban meja dan kursi hingga kendaraan berhenti.   Beberapa saat kemudia ratusan mahasiswa dibubarkan paksa polisi dengan menembakan gas air mata. Bentrok pun pecah selama lebih kurang sepuluh menit antara mahasiswa dengan polisi. Mereka saling lempar batu hingga sebuah kaca mobil pecah.    

Setelah jeda waktu sholat Jumat, aksi kembali berlanjut sekitar pukul 13.30 wib. Mahasiswa kembali memblokade Jalan Pantura hingga menimbulkan kemacetan lebih dari lima kilometer. Mereka kembali membakar meja dan kursi kayu di tengah jalan.    

Bentrok kembali pecah saat puluhan polisi dengan peralatan lengkap seperti tameng dan senapan gas air mata mendatangi demonstran. Aksi pembubaran itu disambut dengan lemparan batu oleh mahasiswa terhadap polisi. Sementara itu polisi membalas dengan tembakan gas air mata dan melempar batu ke arah kampus. Tidak ada korban jiwa dalam unjuk rasa yang berakhir ricuh tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com