Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Demo Carrefour, Kemacetan Parah Terjadi di Jaksel

Kompas.com - 18/07/2012, 16:36 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) mengadakan aksi unjuk rasa di depan Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2012) siang. Dalam aksi itu, ratusan buruh yang hadir melakukan aksi penutupan jalan.

Aksi yang dimulai sejak pukul 12.00 WIB itu menyebabkan kemacetan parah terjadi di sejumlah jalan utama di wilayah Jakarta Selatan. Ratusan buruh yang mendatangi lokasi dengan menggunakan 11 metromini dan sejumlah kendaraan pribadi itu menutup jalan utama Lebak Bulus-Ciputat. Akibatnya, kemacetan parah terjadi di perempatan Lebak Bulus-Pondok Indah. Dari lokasi tersebut, kemacetan pun kemudian merembet ke sejumlah jalan lain.

"Arah (Jalan) Arteri Pondok Indah kemacetan sampai ke Kostrad (Kebayoran Lama)," kata Komisaris Sungkono, Wakasat Lantas Polres Metro Jaksel yang turun memantau lalu lintas di lokasi unjuk rasa.

Sementara itu, arus kendaraan di Jalan RA Kartini dari arah perempatan Fatmawati ke arah Lebak Bulus terpaksa dialihkan ke arah Jalan Adyaksa. Sedangkan pengguna jalan dari arah Fatmawati tujuan Pamulang dan Ciputat memilih melintas lewat Pondok Labu. Imbasnya, kemacetan pun meluas ke arah Jalan Fatmawati, Jalan Adyaksa, Jalan Lebak Bulus III hingga Gunung Balong.

Kemacetan pun terlihat pada ruas jalan Ciputat Raya, dari arah Pasar Jumat menuju Pondok Pinang. "Pengguna jalan tol yang hendak keluar di exit (Pintu Tol) Lebak Bulus semuanya dialihkan ke exit Pondok Pinang," terang Sungkono.

Para buruh berdemo untuk memprotes kebijakan outsourcing yang diterapkan oleh pihak Carrefour. Polisi yang bernegosiasi, kemudian bisa mengalihkan massa buruh untuk membicarakan masalah tersebut dengan pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Unjuk rasa baru selesai sekitar pukul 15.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com