Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Resah, Harga Tempe Sepadan Sepotong Ayam

Kompas.com - 25/07/2012, 12:10 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkanya penjualan tempe-tahu di pasar hari ini, menyebabkan sebagian warga resah. Pasalnya, selain tidak dapat mengonsumsinya dalam tiga hari ke depan, harga tempe juga melonjak tinggi di pasaran.

"Saya mencari-cari tempe buat stok di rumah, di Pasar Slipi sudah nggak ada. Katanya ada yang jual di Pasar Palmerah, tapi harganya bisa sama kayak daging ayam," kata Nuraini (46) saat ditemui Kompas.com di Pasar Slipi Jaya, Jakarta Barat, Rabu (25/7/2012).

Nuraini mengatakan, harga satu potong tempe ukuran 11 x 18 cm bisa mencapai Rp 8.000. Harga tersebut serupa dengan harga sepotong daging ayam, yaitu potongan satu ekor ayam yang dibagi menjadi empat bagian.

"Kalau butuh, mau nggak mau sih beli, tapi dua hari ke depan saya nggak beli dulu. Nunggu sampai turun harga," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kelangkaan tempe mulai terasa sejak Selasa (24/7/2012) kemarin malam. Di Pasar Ciracas, Jakarta Timur anggota Gakoptindo menggelar sweeping penjualan tempe untuk memastikan tidak ada lagi pedagang yang berjualan tempe di pasar tersebut.

Begitu juga yang terjadi di Pasar Slipi Jaya, Jakarta Barat, tempe menjadi barang makanan yang susah ditemukan warga. Pasar Semanan, Kalideres pun demikian, pedagang tempe sudah total menghentikan pasokan tempenya di pasar tersebut.

Penghentian pasokan tempe/tahu juga tidak hanya terjadi di pasar sekitar Jakarta, tetapi juga Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Banten. Efeknya, tempe menjadi barang makanan paling langka hari ini, Rabu (25/7/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com