Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pastikan Thariq Pelaku Teror

Kompas.com - 06/09/2012, 01:24 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto memastikan bahwa pemilik bahan-bahan peledak yang ditemukan di sebuah rumah kawasan Tambora, Jakarta Barat, Muhamad Thariq (32), adalah pelaku teror. Namun belum diketahui pasti, jaringan kelompok teroris yang menaungi Thariq.

"Iya dia adalah terduga teroris. Hal ini dilihat dari barang-barang yang ditemukan, adanya bahan-bahan yang diduga peledak, dan juga olah TKP dari petugas Labfor," ujar Rikwanto, Rabu (5/9/2012) malam, saat dihubungi wartawan.

Karena merupakan terduga teroris, Rikwanto mengatakan bahwa Polda Metro akan berkoordinasi dengan Detasemen Khusus 88 Anti-Teror. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jejak rekam Thariq dan keterkaitan dengan kelompok-kelompok pelaku teror yang ada di Indonesia. "Mereka (Densus) juga mencari kelompok tersebut apakah kelompok lama atau kelompok baru. Saat ini Thariq masih dalam pengejaran petugas," kata Rikwanto.

Sebelumnya, sebuah benda yang diduga bom rakitan setengah jadi ditemukan di Jalan Teratai 7, RT 02/04, Kelurahan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, pukul 14.30 WIB. Benda itu ditemukan di dalam rumah milik Ibu Iyot (60). Penemuan benda diduga bom rakitan ini bermula dari kecurigaan masyarakat sekitar yang melihat ada kepulan asap dari rumah Iyot.

Awalnya, warga menyangka ada kebakaran. Warga sekitar lalu mendatangi rumah tersebut dan mendapati benda yang diduga dimiliki Muhamad Thariq (32), putra Iyot yang kini menganggur. Saat warga mendekat, Thariq justru kabur dalam kondisi masih mengenakan sarungnya, ke arah Jembatan Lima.

Tim Gegana langsung mengamankan benda berbahaya itu untuk diteliti lebih lanjut. Di lokasi, aparat kepolisian juga menemukan lembaran pembuatan racun, detonator, bahan-bahan kimia yang diduga black powder, belerang, sejumlah paku, dan lima pipa paralon yang berisi paku di kamar Thariq.

Belum diketahui pasti tujuan Thariq dalam memiliki bahan-bahan peledak ini. Thariq merupakan salah seorang warga yang masuk dalam pantauan kepolisian.

Menurut Kepala Polres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Suntana, Thariq ikut terlibat dalam kelompok radikal yang dipantau kepolisian. Warga pun kerap melihat rumah Thariq didatangi tamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com