Rabu, 22 Oktober 2014

News / Megapolitan

Diberi Selebaran Berbau SARA, Relawan Jokowi-Basuki Lapor Polisi

Selasa, 18 September 2012 | 21:50 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Pramono (48), relawan Jokowi-Basuki, melapor di Polsektro Matraman, Jakarta Timur, Selasa (18/9/2012) malam ini. Dia mengaku menerima selebaran berbau SARA yang dibagi-bagikan di jalan, dekat perempatan Matraman, Jakarta Timur.

Relawan Jakarta Baru wilayah Jakarta Timur ini mengatakan, dia mendapat selebaran berbau SARA tersebut ketika diberikan seseorang di jalanan, saat mengendarai kendaraan.

"Saya dikasihnya di lampu merah Jalan Tambak. Ini dibagi-bagikan kepada pengendara di jalan," kata Pramono yang ditemui ketika melapor di Polsektro Matraman, Jakarta Timur, Selasa (18/9/2012) malam.

Awalnya, Pramono tidak membaca isi dari selebaran berbau SARA tersebut. Namun, ketika membaca dan mengetahui selebaran tersebut mendiskreditkan pasangan cawagub Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, ia pun berinisiatif melaporkan hal tersebut.

"Setelah lewat lampu merah, saya baca, saya memberhentikan kendaraan. Saya langsung lapor ke Polsek karena khawatir orang lain yang baca ini," ujar Pramono.

Seusai melapor, ternyata penyebar selebaran atau brosur gelap tersebut sudah digiring oleh anggota polisi.

"Yang nyebarin itu udah ketangkep, saya keluar dari dalam habis lapor, orang itu ternyata udah diseret sama polisi," kata Pramono menambahkan.

Sementara itu, Juan Forti Silalahi, relawan Pospera yang juga berada di Polsek, mengaku mengenal pelaku penyebar tersebut. Ketika pelaku usai diperiksa di Polsek Matraman dan hendak dibawa ke Polda Metro Jaya, ia melihat dan mengenal pelaku tersebut.

"Saya kenal dia (pelaku), dia itu aktivis jalanan. Kita kaget tadi kita lihat ada dia, itu Ucok Lubis, ya mungkin dia punya korelasi dari pasangan satu calon," ujar Juan.

Selebaran berbau SARA tersebut berisi tulisan yang mendiskreditkan etnis China. Pada bagian bawah tertera tulisan "Bakar Baja (Barisan Lasykar Bumi Putra Jakarta)". Selain itu, tercatut nama Basuki Tjahaja Purnama, Prabowo Subiyanto, dan Jokowi yang merupakan cagub DKI Jakarta.

Dari pantauan Kompas.com, dua orang pelaku kemudian digiring ke mobil Patroli Kota (Patko) menuju Polda Metro Jaya. Beberapa anggota tim dan relawan Jokowi-Basuki pun juga mendatangi Polsek Matraman. Belum diketahui pasti siapa yang menyuruh pelaku menyebar selebaran berbau SARA tersebut.


Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Ana Shofiana Syatiri