Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Tunggu Tanggal Mainnya Saja

Kompas.com - 24/09/2012, 15:42 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah gagal pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, Fauzi Bowo disebut-sebut akan kembali terjun dalam dunia politik. Petinggi Partai Demokrat bahkan memperkirakan pria berkumis ini akan menduduki salah satu posisi menteri dalam kabinet.

Ketika dikonfirmasi terkait isu ini, pria yang akrab disapa Foke ini tidak mau banyak bicara. Bahkan, ia tidak mau membeberkan lebih lanjut mengenai rencananya saat masa jabatannya usai pada 7 Oktober mendatang.

"Apa yang akan saya kerjakan? Ya, tunggu tanggal mainnya saja," kata Foke saat dijumpai seusai Rapat Pimpinan di Balaikota, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Beberapa waktu lalu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan mengungkapkan bahwa sosok Foke yang cerdas, tetapi lemah dalam komunikasi sesuai untuk posisi Menteri Perhubungan atau yang berhubungan dengan pembangunan transportasi.

Seperti diketahui, karier politik Foke memang tidak pernah surut. Setelah menjadi salah satu pengajar di Universitas Indonesia, ia memulai karier di pemerintahan dan sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata.

Kariernya semakin menanjak saat ia mendapat kesempatan menjabat sebagai Sekretaris Daerah dan menjadi Wakil Gubernur pada masa Sutiyoso. Selanjutnya bersama dengan Prijanto, ia berhasil menduduki kursi gubernur setelah memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2007.

Namun, langkahnya untuk kembali duduk di kursi DKI 1 pada 2012-2017 harus kandas. Berdasarkan hasil hitung cepat, pasangan Jokowi-Basuki mengungguli dirinya dan Nachrowi Ramli pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012. Hasil hitung cepat Litbang Kompas menunjukkan pasangan Jokowi-Basuki unggul dengan total suara 52,97 persen dan pasangan Foke-Nara sebesar 47,03 persen suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com