Kamis, 23 Oktober 2014

News / Megapolitan

Foto Novi Berbikini Beredar, Pengacara Protes

Selasa, 16 Oktober 2012 | 17:58 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum Novi Amalia (25), Cris Sam Siwu, kecewa atas beredarnya foto-foto Novi dalam kondisi setengah telanjang setelah menabrak tujuh pengguna jalan di Jakarta Barat, Kamis (11/10/2012) pekan lalu. Kuasa hukum Novi berencana melakukan protes terhadap polisi dan membawa kasus itu ke proses hukum.

"Kita keberatan karena bagian tubuh kelihatan. Kita pastikan dulu foto itu asli atau tidak. Kalau terbukti, pemilik rumah yang dijadikan tempat foto itu harus bertanggung jawab," kata Cris saat ditemui di Rumah Sakit Bhayangkara Raden Said Sukamto, Jakarta Timur, Selasa (16/10/2012).

Cris mengatakan, kliennya telah melihat sendiri foto dirinya yang tersebar melalui BlackBerry Massanger (BBM) tersebut. Kepada kuasa hukum, Novi mengaku tak merasa pernah merasa difoto dalam kondisi demikian. Model foto itu juga sangat menyayangkan beredarnya foto-foto dirinya yang hanya menggunakan pakaian dalam tersebut.

"Sangat disayangkan bagaimana perlakuan orang-orang itu kepada korban. Bukannya mengamankan malah mengeksploitasi. Rasa kemanusian yang saya tekankan," lanjut Cris.

Cris menegaskan, protes tersebut akan ia sampaikan kepada Polisi Provost, Selasa sore ini juga. Selain mengadukan institusi yang pertama kali mengamankan Novi pasca-kecelakaan itu, Cris juga akan mengadukan hal itu kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Menurut Cris, pelaku dapat dijerat dengan pasal berlapis, yaitu Undang Undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Undang-Undang tentang Pornografi. Kedua peraturan tersebut dianggap tepat dalam menjerat pelaku pemotretan dan penyebar foto tersebut

Novi Amalia menjadi pembicaraan masyarakat setelah mengemudikan mobil Honda Jazz warna merah secara ugal-ugalan, Kamis pekan lalu. Wanita yang tinggal di Jakarta seorang diri itu menabrak tujuh orang di sepanjang Jalan Gajah Mada antara jembatan Ketapang dan Olimo, Jakarta Barat. Korbannya adalah seorang pedagang kopi sepeda keliling, pedagang siomay, dua polisi, dua pengendara sepeda motor dan penumpang di dalam angkot. Seluruh korban hanya menderita luka lecet di beberapa bagian tubuh. Beruntung, tak ada korban jiwa atas kecelakaan tersebut.

Kasus tersebut langsung ditangani oleh Satuan Kecelakaan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Barat. Kondisi Novi saat itu hanya mengenakan pakaian dalam berwarna biru tanpa mengenakan baju. Hanya selang beberapa jam, foto yang diduga Novi itu langsung beredar melalui dunia maya.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Laksono Hari W