Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas PU Jakbar Keruk Sampah Seluas Lapangan Bola

Kompas.com - 25/12/2012, 02:13 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampah seluas lapangan sepak bola di Banjir Kanal Barat di depan Season City, Jakarta Barat sudah mulai dikeruk. Satu unit mobil pengeruk dan truk besar terlihat mulai mengeruk sampah.

"Pengerukannya baru saja dilakukan. Sekitar pukul 21.30 WIB," kata Rahmat, petugas kebersihan Dinas PU Tata Air Jakarta Barat di depan mal Season City pada Senin (24/12/2012) malam.

Rahmat mengatakan, sekitar 10 orang petugas dikerahkan untuk melakukan pengerukan sampah yang mulai mengendap sejak sebulan lalu. Ia diperintahkan oleh Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Barat, Monang Ritonga. Sampah hasil kerukan nantinya akan diangkut oleh truk sampah ke Bantar Gebang, Bekasi. Ia juga belum mengetahui secara pasti sampai pukul berapa pengerukan ini akan dilaksanakan.

Monang Ritonga mengatakan, ia sudah menempatkan beberapa orang untuk membersihkan sampah sejak dua minggu lalu, tetapi memang kurang optimal. Untuk itu, semalam ia mengirim mobil pengeruk sampah dan truk untuk membersihkan Banjir Kanal Barat tersebut.

Monang mengatakan, untuk kali-kali besar maupun kanal sebenarnya bukan bagian dari kewenangan Dinas PU Tata Air Jakarta Barat. Namun karena lokasi sampah berada di wilayah Jakarta Barat, maka Sudin PU Tata Air melakukan pengerukan tersebut.

"Untuk membersihkan sampah kami kirim satu pengeruk dan satu truk. Alat itu sudah cukup untuk membersihkan kanal. Kemarin di kali angke juga hanya menggunakan satu pengeruk," kata Monang.

Diberitakan sebelumnya, tumpukan sampah di Banjir Kanal Barat (BKB) yang berada di Jalan Raya Latumenten depan Season City menumpuk seluas lapangan bola. Sampah tersebut sudah teronggok selama satu bulan tanpa ada penanganan khusus untuk mengurangi volume sampah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com