Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Upaya Mengatasi Banjir Bisa Terasa Oktober 2013

Kompas.com - 16/01/2013, 12:55 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, segala upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menanggulangi banjir baru akan terasa dampaknya pada Oktober 2013. Semua upaya diintegrasikan untuk memecah masalah banjir yang muncul hampir setiap tahun.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengungkapkan, kondisi Jakarta saat ini terbilang cukup mengenaskan. Saluran air yang tidak berfungsi, diperparah curah hujan yang tinggi dan kiriman air dari wilayah Bogor, membuat banjir tak bisa dielakkan. Tiga hal itu memicu debit air yang tak dapat tertampung dan meluap ke beberapa permukiman warga serta sejumlah jalan raya di Jakarta.

"Tahu sendiri, kan, curah hujan yang terjadi di Jakarta. Selokan semua penuh. Upaya kita paling bisa terasa Oktober," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Basuki menjelaskan, pihaknya telah mengintegrasikan dinas terkait untuk menanggulangi banjir, mulai Dinas Pekerjaan Umum mengeruk sungai, Dinas Kebersihan mengatasi persoalan sampah, sampai Dinas Pertamanan memperbanyak ruang terbuka hijau yang dapat berfungsi sebagai daerah resapan.

"Kita lagi identifikasi titik-titik banjirnya. Kalau kita lakukan cepat, Oktober bisa terasa," ujarnya.

Seperti diberitakan, hujan dengan intensitas ringan, sedang, dan tinggi terus mengguyur Jakarta sejak Selasa (15/1/2013) dini hari hingga malam. Ditambah dengan meluapnya Sungai Ciliwung karena menerima "kiriman" air dari Bendung Katulampa, sedikitnya 50 kelurahan di Jakarta tergenang air. Hal itu membuat ribuan warga terpaksa mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com