Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cawang-Tomang Aman, Grogol Masih Putus

Kompas.com - 18/01/2013, 06:26 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ruas jalan utama Ibu Kota dari arah Cawang, Jakarta Timur, hingga ke Grogol, Jakarta Barat, secara umum sudah bisa dilintasi pada Jumat (18/1/2013) pagi ini. Meski demikian, halangan berupa genangan masih terlihat di kawasan Grogol.

Hingga pukul 05.10 WIB, genangan dengan ketinggian sekitar 30 sentimeter masih terdapat di sekitar Halte Universitas Tarumanegara, Jalan S Parman arah Grogol-Pluit. Genangan sepanjang sekitar 50 meter itu hanya dilintasi kendaraan jenis truk. Jenis kendaraan lain umumnya memilih berbalik arah di sekitar Ukrida, termasuk bus patas dan kopaja.

Hal serupa dilakukan bus transjakarta. Terlihat antrean empat bus transjakarta di Halte Podomoro City. "Belum berani lewat karena permukaan air masih tinggi," ujar Bobi, salah seorang petugas halte Podomoro City kepada Kompas.com.

Kondisi lebih parah terlihat pada arah sebaliknya, terutama di sekitar putaran di depan Universitas Trisakti. Ketinggian air di tempat tersebut masih berkisar 1 meter. Beberapa mobil yang mogok karena terjebak banjir, Kamis kemarin, masih ditinggalkan begitu saja oleh pemilik di lokasi tersebut. "Yang paling parah arah Roxy (Jalan Kyai Maja), tinggi airnya masih di atas 1 meter," kata Arif, penyedia jasa angkut barang di lokasi genangan Grogol.

Selain di Grogol, jalur lain dari Cawang menuju Grogol dan sebaliknya sudah bisa dilintasi kendaraan. Dari arah Cawang, genangan masih terlihat di perempatan Cawang-UKI arah Pancoran. Di ruas Jalan MT Haryono arah Kuningan, genangan kecil terdapat setelah lampu merah, terutama di sekitar tikungan dari arah Pasar Minggu menuju Kuningan. Arah sebaliknya, Pancoran-Cawang, hampir tak terlihat adanya genangan.

Di Jalan Gatot Subroto ke arah Semanggi, genangan terlihat setelah perempatan Kuningan yang mengarah ke Semanggi. Pengendara sepeda motor diharapkan berhati-hati karena permukaan aspal setelah genangan tersebut sangat buruk.

Genangan juga terlihat di depan Menara Jamsostek. Setelah itu, kondisi jalan relatif aman hingga ke perempatan Slipi. Untuk arah sebaliknya, tidak terlihat adanya genangan, termasuk di sekitar Kantor Dinas Pendidikan DKI yang kemarin dikitari genangan yang cukup tinggi. Namun, pengendara sepeda motor tetap perlu memperhatikan beberapa lubang bekas galian yang terletak di tengah jalan.

Selain di sekitar Grogol, Jalan S Parman terhitung bebas genangan. Genangan kecil terlihat di kolong Flyover Taman Anggrek ke arah Grogol. Di arah sebaliknya, genangan terdapat di depan Hotel Peninsula, Slipi. Pengendara sepeda motor diharapkan berhati-hati, terutama setelah lampu merah Tomang-Mandala. Pasalnya, permukaan jalan di lokasi tersebut tidak rata dan terdapat beberapa lubang di badan jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com