Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien RSAL Mintohardjo Masih Mengungsi di Lantai Atas

Kompas.com - 18/01/2013, 14:32 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah pasien di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, masih mengungsi di lantai dua hingga empat.  Mereka telah dievakuasi sejak banjir mengepung lantai 1 rumah sakit pada Kamis (17/1/2013).

"Pasien ada yang dipindahkan ke lantai dua, tiga, dan empat. Ruangan di bawah banyak kerendam. Kamar bersalin juga dipindah,” ujar Rosna, salah seorang perawat rumah sakit, Jumat (18/1/2013).

Salah seorang pasien, RO Siahaan (54), mengaku dievakuasi menggunakan tandu ke lantai tiga. Ia dievakuasi petugas rumah sakit pada Kamis pagi. Evakuasi pasien dilakukan melewati tangga sebab lift rumah sakit tidak dapat beroperasi.

"Saya dari ruang Anggrek lantai satu dievakuasi ke sini. Saya waktu dievakuasi dibantu pakai tandu ke atas karena saya belum bisa jalan," ujarnya saat ditemui di kamar rawat inap lantai 3.

Pasien yang menderita penyakit ginjal ini pun tak berniat pindah rumah sakit lain. Ia sudah merasa nyaman berada di lantai tiga.

RSAL ini pun tampak sepi. Terlihat beberapa dokumen dan peralatan yang telah diselamatkan dari banjir. Beberapa ruangan pun sedang berusaha dibersihkan oleh petugas setelah air surut.

Tinggi air di rumah sakit tersebut beragam, mulai dari 10 hingga 50 cm. Banjir telah surut di Bendungan Hilir yang sebelumnya setinggi pinggang orang dewasa. Air kini masih menggenang halaman dan koridor rumah sakit. Kendaraan hingga siang ini juga belum dapat melintas di ruas jalan depan rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com