Sabtu, 1 November 2014

News / Megapolitan

Pemprov DKI Kaji Rencana Taksi Air

Sabtu, 26 Januari 2013 | 00:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menciptakan moda transportasi dengan jenis taksi air. Bila kajian selesai dan benar-benar terealisasi, maka jenis transportasi umum di Ibu Kota akan lebih variatif.

Ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama membenarkan pihaknya tengah melakukan kajian mengenai taksi air. Ia menjelaskan, salah satu alasannya adalah untuk mempermudah transportasi laut dari Marunda ke Muara Baru.

"Supaya ada transportasi selain darat, jadi nanti ada taksi air. Tapi hanya pagi dan malam, sore, saat jam kerja. Kita lagi minta cari lahan untuk bikin pelabuhan," kata Basuki, Jumat (25/1/2013).

Pria yang akrab disapa Ahok ini mengungkapkan, sebenarnya telah ada beberapa titik yang bakal diplot menjadi pelabuhan, yakni Muara Angke dan Muara Baru. Meski demikian, karena Muara Angke dinilai padat, maka salah satunya akan menggunakan pelabuhan Muara Baru.

Basuki juga berharap terdapat pantai publik di wilayah tersebut. Terkait ini, Pemprov DKI telah menyampaikan usulan itu kepada pihak Jaya Ancol.

"Jadi orang yang kerja di Mangga Dua, Kota, Glodok, Kapuk bisa naik dari sana. Marunda akan jadi tempat yang baik," ujarnya.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo