Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2013, 19:03 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perampokan yang terjadi di Kantor Unit Pembantu Cabang (UPC) Pegadaian Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara V, Cempakaputih, Jakarta Pusat, sempat terekam closed circuit television (CCTV). Dari rekaman CCTV, terlihat ada enam pelaku menaiki tiga motor.

Kantor UPC Pegadaian itu dilengkapi tiga unit CCTV. Satu unit di bagian luar dan dua unit di bagian dalam. Dari hasil rekaman CCTV para pelaku datang sekitar Pukul 10.40 WIB, Jumat (22/3/2013).

Semua pelaku menggunakan helm dan masker. Empat orang di antaranya memakai jaket hitam dan dua lainnya memakai kaos. Dua motor Yamaha Mio diparkir sebelum pagar kantor pegadaian, sementara satu motor Honda Vario berhenti tepat di depan pagar pegadaian.

"Ketika datang, dua pelaku langsung memukuli petugas yang berjaga di gerbang masuk kantor hingga pingsan dan masuk ke dalam got," ujar Agus, seorang petugas kamera CCTV Kantor Pegadaian ketika ditemui di Mapolsektro Cempaka Putih, Jumat (22/3/2013).

Sementara empat orang pelaku lainnya langsung masuk dan juga memukuli Zakaria (26), petugas keamanan yang berjaga di depan pintu kantor pegadaian. Setelah memukuli Zakaria, pelaku langsung membawa masuk dan memborgolnya.

Di dalam kantor, tiga pelaku mendatangi dua karyawan yakni Trisna dan Ivan yang berada di belakang kaca. Karena ketakutan, kedua karyawan tersebut langsung masuk ke ruang brankas yang terletak di belakang mereka.

Pelaku kemudian masuk ke dalam ruang brankas dengan memecahkan kaca menggunakan sebuah tempat sampah yang biasa dijadikan asbak. Setelah kaca pecah, dua pelaku masuk dan memborgol dua karyawan yang ada di dalam ruang brankas tersebut, lalu mengambi barang-barang yang ada di dalam berankas, kemudian pergi.

"Jika melihat rekaman, pelaku sempat akan membuka pintu, tapi karena tidak bisa akhirnya pelaku sempat melepaskan tembakan, kemudian dua orang yang memukuli Chrismianto berjaga di luar," kata Agus.

Kasat Reskrim Polres Jakara Pusat AKBP Rahmat mengatakan, saat polisi datang, tiga orang masih dalam keadaan terborgol dan duduk di lantai. Menurutnya, petunjuk yang kuat ada di dalam rekaman CCTV, seorang pelaku yang terlihat melepaskan tembakan menggunakan jaket hitam.

"Selain dari rekaman CCTV, tadi ada seorang warga yang memfoto pelaku dari balik pagar tempat parkiran mobil, tim kita sudah melakukan pengejaran terhadap pelaku," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com