Minggu, 26 Oktober 2014

News / Megapolitan

Jokowi Curi Perhatian PNS Berbagai Daerah

Senin, 29 April 2013 | 11:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi magnet bagi para pegawai negeri sipil bahkan kepala daerah dari berbagai daerah. Usai acara penutupan Pramusyawarah Rencana Pembangunan Nasional di Jakarta, Senin (29/4), ia dikerubungi para birokrat yang ingin sekadar foto bersama.

Setelah acara penutupan selesai, Jokowi langsung bersama dengan sekitar ribuan peserta lainnya keluar dari ruang pertemuan. Ia pun langsung dihampiri sejumlah kepala daerah untuk foto bersama. Di luar ruang pertemuan, Jokowi dicegat wartawan untuk wawancara.

Setelah usai wawancara, giliran pegawai negeri sipil dari berbagai daerah mengerubunginya untuk minta foto bersama. Jokowi pun dengan gayanya yang santai melayani permintaan itu. Ismail Akbar (33), pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara, adalah salah seorang yang berhasil merangsek mendekati Jokowi.

Dibantu rekannya, Ismail akhirnya berhasil foto bersama dengan menggunakan tablet yang dibawanya. "Pingin aja. Orangnya ramah, programnya bagus, merakyat," kata Ismail saat ditanya alasan dia foto bersama Jokowi. Yang paling menonjol dan inspiratif, kata Ismail, adalah cara kerja blusukan Jokowi. Hal itu bukan semata blusukan, tetapi juga dilakukan konsisten dan yang paling penting adalah merespon dengan program konkret persoalan yang ditemui di lapangan.

"Program blusukannya itu baik. Jarang gubernur langsung ke rakyat. Tidak sekadar blusukan, tapi permintaan rakyat dipenuhi. Kalau semua gubernur kayak Jokowi, rakyat sejahtera. Program rakyat juga lebih banyak," kata Ismail.


Penulis: FX. Laksana Agung S
Editor : Robert Adhi Ksp