Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Pembangunan, Jokowi Kalah dari Soekarwo

Kompas.com - 29/04/2013, 11:55 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jokowi tidak kecewa DKI Jakarta hanya berada di urutan kedua untuk perencanaan pembangunan daerah terbaik, di bawah Jawa Timur, pimpinan Soekarwo.

Saat pembagian anugerah Pangripta Nusantara dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk perencanaan pembangunan daerah terbaik, Provinsi DKI Jakarta posisinya diapit Jawa Timur dan Bali.

Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak kecewa dengan perolehan anugerah yang masih duduk di bawah Jawa Timur. Namun begitu, ia berjanji akan memperbaikinya.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menjelaskan, perencanaan pembangunan di Jakarta belum berjalan optimal. Ia memberi contoh, terkait pembangunan mass rapid transit (MRT) yang mangkrak sekitar 24 tahun.

"Perencanaannya bagus tapi tidak tepat ya percuma saja. Kalau ada yang harus diperbaiki, ya diperbaiki," kata Jokowi di Menara Bidhakara, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Anugerah Pangripta Nusantara Utama ini juga diberikan untuk Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Hadir dan langsung memberikan anugerah itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional /Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana.

Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu. Sasarannya adalah untuk menilai dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sekali dalam lima tahun dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di setiap tahunnya.

Penilaian pertama kali dilakukan pada provinsi di 2011 terhadap RPJMD. Kemudian pada 2012 dan 2013 penilaian dilakukan pada RKPD Provinsi. Kriteria penilaian dokumen perencanaan meliputi keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, serta keterukuran. Adapun untuk proses perencanaan, kriteria penilaiannya meliputi perencanaan dari bawah, dari atas, perencanaan teknokratik, dan perencanaan politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com