Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diajak Bisnis Beras Ketan, Malah Ditipu Rp 3 Miliar

Kompas.com - 08/05/2013, 18:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Metro Jakarta Selatan menerima laporan tentang penipuan dengan motif kerja sama bisnis beras ketan yang merugikan seorang korban bernama Merry C (30), pengusaha pemilik PT RAM di Jalan Wijaya XV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Korban ditipu dengan kerugian mencapai Rp 3,476 miliar.

Menurut Merry, orang yang dia laporkan bernama MA (43), wanita asal Lampung. "Dia mengajak kerja sama bisnis beras ketan dengan alasan kenal banyak suplier," kata Merry dalam laporannya di Sentra Pelayanan Kepolisian Mapolres Metro Jakarta Selatan, Rabu (7/5/2013).

Merry mengatakan, ia mengenal MA setelah dikenalkan oleh temannya bernama Sinta pada 14 Januari 2013 di kawasan Mal Ambasador, Jaksel. Pada 28 Januari 2013, MA mengajak korban menjalani bisnis beras ketan dalam bentuk peminjaman uang perusahaannya sebesar Rp 3,037 miliar. Saat itu MA menjanjikan bahwa setiap 10 ton pengiriman beras yang dilakukan, Merry akan menerima keuntungan sebesar Rp 2 Juta.

Hingga 13 April 2013, total penjualan beras ketan yang telah dilakukan MA telah mencapai sekitar 219 ton dan dia wajib membayar kepada Merry sebanyak Rp 3, 476 milyar. "Nah, tanggal 15 April 2013 saat jatuh tempo, dia kabur. Di luar uang pinjaman, ada uang sekitar Rp 439 iuta yang belum terbayarkan dan dibawa kabur. Kita coba terus menghubungi. Namun, sampai saat ini nomor ponselnya tidak juga aktif sampai sekarang," jelas Merry.

Selain itu, Merry juga sempat mengecek tempat tinggal MA di Apartemen Juanda, Depok, Jawa Barat. Namun, MA tidak ada di apartemen itu dan diduga telah kabur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com