Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Betawi di Cipete Vaganza

Kompas.com - 01/06/2013, 17:55 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Festival budaya kembali digelar di Jakarta Selatan. Setelah pekan lalu digelar Little Tokyo di Blok M, akhir pekan ini acara hampir serupa kembali digelar, yaitu Cipete Vaganza yang digelar di Jalan Cipete Raya, Cilandak, Jakarta Selatan.

Acara yang digagas masyarakat sekitar dan didukung pihak Kecamatan Cilandak dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan itu dijadwalkan berlangsung  Sabtu (1/6/2013) dan Minggu.

Jika di Little Tokyo pekan lalu disuguhkan acara yang kental dengan nuansa Jepang, maka di Cipete Vaganza akan disajikan festival yang kental dengan nuansa budaya asli Jakarta, yaitu budaya Betawi. Pada Sabtu sore, di lokasi acara terdapat stand-stand pedagang yang menjual pakaian khas Betawi seperti batik khas Betawi dan kebaya Encim. Untuk kuliner ada kerak telor, dodol Betawi, ketupat Betawi, dan bir pletok.

Sebagian dari stand-stand itu merupakan stand resmi perwakilan kelurahan se-Kecamatan Cilandak.

Tidak semua stand menjajakan segala sesuatu yang bernuansa Betawi. Ada juga ratusan stand pedagang lainnya yang menjajakan makanan dan pakaian khas pasar kaget.

Selain stand jualan, di lokasi festival juga terdapat panggung hiburan. Panggung akan secara bergiliran menampilkan sejumlah acara seperti gambang kromong, tari topeng, lenong Betawi dan orkes dangdut. Selama dua hari festival, Jalan Cipete Raya akan ditutup untuk kendaraan bermotor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com